Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Belum Menyerah Tingkatkan Top Speed M1

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kelemahan di top speed, Yamaha berhasil mengoleksi enam kemenangan pada MotoGP 2020 ini. Meski demikian, Yamaha belum puas dan tetap akan mencoba memperbaiki kekurangan tersebut pada M1.

Maverick Vinales mengatakan, M1 tahun ini sedikit sulit untuk dikendalikan. Bukan hanya dirinya, pebalap lain yang menggunakan M1 versi 2020 juga merasakannya.

Takahiro Sumi, Project Manager MotoGP Yamaha, mengatakan, pihaknya belum puas, tapi secara keseluruhan sudah senang dengan performa motornya.

"Tahun lalu, kami kencang di latihan bebas dan kualifikasi, tapi tidak begitu kuat saat balapan. Itu adalah aspek yang ingin kami tingkatkan musim ini," ujar Sumi, dikutip dari Speedweek.com.

Sumi menambahkan, top speed tetap menjadi topik utama. Diakuinya top speed M1 sedikit meningkat dibanding tahun lalu, tapi sayangnya para kompetitor juga melakukan peningkatan lebih baik lagi. Jadi, bisa dibilang situasinya tidak berubah seperti yang diharapkan.

"Kami punya tiga pemenang di Yamaha dan Valentino (Rossi) sudah menemukan feeling dan kecepatannya lagi. Keempat pebalap Yamaha sekarang siap untuk menang. Jadi, dengan keseluruhan paket ini kami yakin kami berada di arah yang benar. Tapi, masih ada banyak yang harus dilakukan untuk meraih tujuan kami," kata Sumi.

Vinales sempat mengatakan, dirinya akan fokus pada kekuatan Yamaha, untuk meningkatkan motornya saat balapan. Kekuatan tersebut dikatakan ada pada kecepatan menikung dan handling.

"Sayangnya, kekuatan Yamaha bukan hanya pada kecepatan menikung dan handling. Kami tahu kompetisi di area ini sudah meningkat pesat, khususnya Suzuki. Jadi, kami harus bisa melakukan yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Sumi.

Sumi menambahkan, pihaknya tidak akan menyerah untuk meningkatkan top speed M1 untuk musim depan, sekalipun pengembangan mesin dibekukan.

"Mesin hanyalah salah satu elemen saja. Kami bisa mencari cara lain untuk meningkatkannya tahun depan. Kami harus bisa menjaga kekuatan kami, begitu pula dengan kelemahan kami," kata Sumi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/30/134100215/yamaha-belum-menyerah-tingkatkan-top-speed-m1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke