Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Panjang, Perhatikan Beda Berkendara di Jalan Aspal dan Beton

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang seperti saat ini kerap dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau berwisata bersama keluarga. Khusus untuk mereka yang berkendara dengan mobil pribadi keluar kota, tentunya tidak selalu menemui jalanan beraspal, ada juga yang terbuat dari beton seperti di tol.

Ketika melintasi ruas jalan yang terbuat dari beton, pengemudi tentunya akan merasakan hal yang berbeda. Seperti tingkat kenyamanan yang berkurang, kebisingan, dan juga daya cengkeram ban yang terasa berbeda.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan oleh pengemudi saat melintas di jalan aspal maupun di jalan beton.

Jalan beton (concrete) membuat traksi ban kurang baik dan memiliki tingkat kebisingan yang tinggi. Selain itu, karena tidak berwarna gelap bisa menyebabkan kurangnya kontras dari marka jalan yang ada.

“Beton sekarang banyak digunakan dikarenakan durabilitas yang lebih panjang dari aspal. Namun tingkat kebisingannya tinggi, traksi ban dengan jalan juga tidak sebaik di aspal,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Maka dari itu, Marcell menambahkan saat melintas di jalan yang terbuat dari beton pengemudi harus memperhatikan kondisi jalan serta tetap menjaga jarak aman minimal 3 detik dengan kendaraan yang ada didepan.

“Saat berkendara di concrete, pastikan juga kita menjaga jarak aman dengan baik, minimal jeda kita dengan kendaraan di depan adalah 3 detik dan tambahkan detik-detik ekstra bila visibilitas menurun atau jalan licin,” katanya.

Tujuannya, agar pengendara dapat bertindak dan berhenti tepat waktu di jarak yang tepat bila di depan kita terdapat potensi bahaya.

Sementara itu, saat melintas di jalan beraspal pengemudi juga harus memperhatikan beberapa hal agar lebih aman.

Meskipun jalan aspal mempunyai visibilitas yang lebih baik, karena marka jalan lebih terlihat dibandingkan dengan jalan beton pengemudi juga harus tetap waspada.

“Pada dasarnya hampir sama, namun di aspal kita akan mendapatkan grip yang lebih baik, kebisingan yang lebih sedikit dan visibilitas yang lebih baik, Marka jalan juga terlihat lebih kontras,” papar Marcell.

Salah satu yang harus diperhatikan pengemudi saat melintas di jalan beton maupun beraspal adalah kecepatan kendaraannya.

Jangan sampai, karena kenyamanan saat melihat di jalan beraspal halus membuat pengemudi lengah dan mengabaikan batas kecepatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/29/070200015/libur-panjang-perhatikan-beda-berkendara-di-jalan-aspal-dan-beton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke