Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proyeksi Daihatsu, Pasar Otomotif Kembali Pulih di 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sempat dilanda isu penundaan pembelian akibat wacana relaksai pajak nol persen, namun berdasarkan data penjualan, pasar otomotif nasional di September 2020 tetap mengalami kenaikan 15,5 persen.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data, dibandingkan Agustus penjualan ritelnya terkerek 23 persen dengan market share yang menjadi 18 persen, hasil ini juga Daihatsu di posisi kedua merek mobil terbesar di Indonesia.

Meski demikian, Daihatsu tak menggangap bila hal tersebut menjadi sinyal positif bila pasar otomotif bakal bisa kembali pulih dalam waktu singkat.

Bahkan Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, menjelaskan dengan kondisi Covid-19 yang masih mengancam, diproyeksikan butuh waktu yang tak singkat agar pasar otomotif bisa kembali seperti 2019 lalu.

"Untuk seperti 2019, kemungkinan tidak akan tercapai pada tahun depan (2021). Bahkan 2022 juga kami perkirankan belum, dalam hitungan internal kami, posisi seperti 2019 baru bisa sekitar 2023, jadi masih panjang perjalanannya," ucap wanita yang akrab disapa Amel, dalam diskusi virtual beberapa hari lalu.

Lebil lanjut Amel mengatakan, ada faktor yang menentukan pasar bisa kembali pulih dengan cepat, pertama terkait health view dan makro ekonomi. Dari segi health view, sampai saat ini soal vaksin Covid-19 masih belum ada kepastian.

Pemerintah belum mengakui dan masih dibutuhkan tiga tahapan pengujian massal. Kondisi itu membutuhkan waktu dan karena itu pula vaksin juga belum bisa jadi faktor penentu untuk kembali ke aktivitas normal.

Terkait proyeksi 2023, Amel menjelaskan kondisi tentu bisa dilihat dari saat ini dan tergantung dari makro ekonomi, yang nantinya berujung pada supply driven dan demand driven. Makro ekonomi berkaitan erat dengan GDP, inflasi, kurs rupiah, inflasi, juga iklim investasi.

Namun demikian, Amel menjelaskan bila Indoensia sendiri secara pasar masih sangat potensial, sehingga walau butuh waktu yang lebih lama tapi secara berlahan akan tetap tumbuh.

"Kita masih lihat titik terang. Pasar Indonesia masih menggiurkan, karena presentasi kepemilikan mobil yang ada di kita bila dibanding pasar ASEAN masih rendah," ucap Amel.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/18/084100715/proyeksi-daihatsu-pasar-otomotif-kembali-pulih-di-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke