Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkendara Saat PSBB Transisi, Pilih Sarung Tangan yang Menutup Seluruh Jari

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menggunakan masker, sarung tangan juga perlu menjadi perhatian bagi pengendara saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Meski tidak diwajibkan, tetapi menggunakan sarung tangan selama beraktivitas di luar ruangan atau pun naik sepeda motor juga bisa mencegah penyebaran virus Corona.

Pemilihan jenis sarung yang digunakan pun sebaiknya harus benar-benar mampu melindungi dari paparan Covid-19.

Dr Arina Hidayati, dokter di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, mengatakan, sarung tangan menjadi perangkat yang perlu diperhatikan ketika berkendara di tengah pandemi Covid-19.

Untuk memilih jenis sarung tangan, Arina menyarankan, agar pengendara menggunakan sarung yang menutup keseluruhan jari tangan. Dengan begitu, maka akan lebih aman dari penyebaran virus Corona.

“Pilih sarung tangan yang menutup seluruh jari tangan karena sekaligus sebagai barier. Untuk jenisnya, berbahan kulit akan lebih baik,” kata Arina saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Jika menggunakan sarung tangan berbahan kulit, Arina menambahkan, sebaiknya selesai digunakan tetap dibersihkan.

Untuk membersihkan sarung tangan berbahan kulit cukup disemprot menggunakan cairan disinfektan atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

“Setelah itu jemur sarung tangan antara 1 sampai dengan 2 jam di bawah terik matahari, baru setelah itu bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Tetapi, Arina mengatakan, jika sarung tangan yang digunakan berbahan kain sebaiknya setelah digunakan segera dicuci menggunakan deterjen.

Hal yang sama juga disampaikan Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto. Oke mengatakan, sarung tangan yang bagus adalah yang menutup seluruh jemari tangan.

Dengan sarung tangan yang bisa menutup seluruh jari tangan, maka pencegahan penyebaran atau terkena covid-19 pun bisa dicegah lebih optimal.

“Untuk pemilihan sarung tangan harus menutupi seluruh jemari dan usahakan selalu menjaga kebersihannya dengan mencuci secara berkala,” katanya.

Oke juga mengatakan, sebelum memakai kaos tangan kondisi tangan sebaiknya juga bersih jika perlu mencuci tangan terlebih dahulu.

“Sebaiknya sebelum menggunakan mencuci tangan lebih dahulu, dan usahakan memiliki lebih dari satu sarung tangan sehingga bisa digunakan secara bergantian,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/12/122200415/berkendara-saat-psbb-transisi-pilih-sarung-tangan-yang-menutup-seluruh-jari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke