Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alex Marquez Berhasil Berikan Podium Pertama Honda di 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak disangka-sangka, Alex Marquez yang tidak dijagokan sejak awal seri ternyata justru berhasil memberikan podium pertama untuk Honda di musim ini.

Di MotoGP 2020, tidak ada kehadiran Marc Marquez karena cedera patah tulang. Sejak absen, tidak ada ancaman dari Honda di tiap serinya dan tidak ada yang berhasil naik podium.

Hingga sang adik, berhasil menjaga motornya tidak jatuh saat balapan dalam kondisi basah ini dan finis di urutan kedua.

Bukan hanya itu, beberapa kali Alex bahkan sempat mencatatkan waktu tercepat saat balapan.

"Ini adalah balapan yang panjang dan melelahkan. Start dari urutan ke-18 sangatlah gila. Tapi, saya tahu sejak start ada sesuatu yang mungkin. Tentu saja, saya tidak berpikir untuk naik podium," ujar Alex, dikutip dari Speedweek.com.

Risiko

Alex menambahkan, dirinya melancarkan serangan di tikungan pertama selepas start, meskipun tindakan tersebut berisiko.

Lalu, setelah menaikkan temperatur ban medium pilihannya, Alex mulai membangun ritme.

"Saya mencoba untuk santai di awal, lalu feeling menjadi lebih baik dan semakin baik. Saya lihat tiga Ducati ada di depan dan saya kehilangan banyak waktu di belakang (Cal) Crutchlow," kata Alex.

Alex mulai melihat kesempatan ketika mengetahui ketiga pebalap Ducati di depannya mulai melambat. Pebalap rookie tersebut mengaku kesulitan saat melawan Andrea Dovizioso.

"Saya kehilangan cukup waktu dengan Dovi, karena dia sangat kencang dan kuat saat mengerem. Jadi, saya harus mencari celah untuk menyalip, yaiti tikungan 4 dan 6, yang berisiko," ujar Alex.

Alex menambahkan, dirinya tak berniat untuk mengejar Danilo Petrucci yang berada di depannya dengan jarak sekitar 1,2 detik.

Menurutnya, yang terpenting adalah menyelesaikan balapan. Sebab, akan percuma jika dirinya terjatuh, tak akan ada orang yang mengingatnya.

"Kami harus meningkatkan setting motor untuk balapan di kondisi kering. Sekarang, saya harus terus bekerja dan meningkat, khususnya di kualifikasi," kata Alex.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/12/084200215/alex-marquez-berhasil-berikan-podium-pertama-honda-di-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke