Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rossi Sebut Pindah ke Petronas Yamaha SRT, Seperti Balik ke Era 2-Tak

Meski statusnya berada di tim satelit, tapi Rossi akan tetap mendapat dukungan penuh dari Yamaha, sama seperti pebalap pabrikan.

Lagipula ini bukan kali pertama Rossi berada di tim satelit, diawal karirnya di kelas GP500 dia pernah membalap di tim satelit Nastro Azzuro Honda pada tahun 2000-2001.

"Rasanya akan seperti 500 (GP500) di tim satelit Nastro Azzuro Honda tapi dengan motor pabrikan," kata Rossi mengutip GPOne, Minggu (27/9/2020).

Rossi optimis tetap bisa tampil barik musim depan. Semangatnya masih sama seperti 20 tahun lalu, motornya kompetitif, dan dia pernah membuktikan berada di tim satelit bisa meraih juara dunia.

"Mereka bilang bahwa saya adalah satu-satunya pebalap yang pernah memenangkan gelar juara di kelas premier (2001) tapi menggunakan motor tim satelit, yang mana artinya saya akan coba lagi tahun depan," katanya.

Setelah lama diberitakan, Rossi akhirnya resmi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT. Pebalap asal Italia tersebut menandatangani kontrak untuk satu musim.

Ketika bicara tentang perpanjang kontrak, Rossi selalu dikabarkan akan pensiun sejak beberapa tahun belakangan ini. Tapi, kali ini mungkin bisa jadi kontrak terakhirnya.

Rossi sudah bersaing di kelas utama sejak tahun 2000. Pebalap yang kini berusia 41 tahun itu satu-satunya pebalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia kelas 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

Di kelas utama saja, Rossi memiliki tujuh gelar dunia, 89 kemenangan balapan, 199 podium, 55 posisi terdepan dan 76 lap tercepat.

Sebagai bagian dari Petronas Yamaha SRT pada 2021, terhitung Rossi akan bersaing dengan Yamaha YZR-M1 selama sembilan musim berturut-turut.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/27/154836015/rossi-sebut-pindah-ke-petronas-yamaha-srt-seperti-balik-ke-era-2-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke