Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Tiga Tipe Human Error Ini yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalanan, pada umumnya terbagi menjadi faktor dua penyebab. Pertama, kecelakaan terjadi karena ada pelanggaran aturan lalu lintas dan kedua, faktor human error.

Pelanggaran biasa jadi penyebab kecelakaan di jalan perkotaan, seperti melawan arus, melanggar lampu lalu lintas, dan pelanggaran lainnya. Sedangkan human error, biasa menjadi penyebab kecelakaan dalam kondisi kendaraan berkecepatan tinggi, misalnya jalan tol.

Human error ada tiga bentuknya, pertama yaitu skill based error, lost of situation awareness, dan lost of control.

Salah satu contoh dari skill based error, yaitu rem blong yang disebabkan kesalahan prosedur mengemudi. Kebiasaan pengemudi untuk mengistirahatkan kaki kiri pada kopling mobil manual, jadi salah contoh konkret kesalahan prosedur mengemudi.

Fungsi kendaraan bisa berkurang atau hilang, sehingga ketika dibutuhkan perilaku responsif tinggi dalam kondisi darurat, malah tidak bereaksi. 

“(Kedua) Eror yang mendominasi di jalan tol, yaitu lost of situation awareness atau penurunan kewaspadaan,” ucap Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan, dalam Kuliah Telegram Indonesia Truckers Club, Jumat (25/9/2020).

Penurunan kewaspadaan ini pada dasarnya disebabkan oleh penurunan stamina atau kondisi tubuh, kondisi jalan yang membuat ilusi, dan peningkatan kecepatan dari kendaraan. Contoh dari kasus ini yaitu kejadian tabrak belakang di Tol Cipali yang sering terjadi.

“Hal ini bisa terjadi karena kegagalan pengemudi dalam memprediksi antara kecepatan dirinya dengan kecepatan kendaraan di depan,” kata Ahmad.

Eror ketiga, berikutnya yaitu lost of control atau kehilangan kendali. Kehilangan kendali ini merupakan hasil dari pegemudi yang kelelahan, sehingga mengalami micro sleep ketika mengemudi.

“Pada kecepatan 100 kpj, kita tidur sedetik saja maka kendaraan kita akan bergerak sejauh 28 meter diluar kendali kita. Kasus kendaraan yg menyeberang, menabrak tiang tengah jembatan ini adalah kasus lost of control,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/26/094200915/hindari-tiga-tipe-human-error-ini-yang-bisa-menyebabkan-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke