Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagasi Bus Suites Class Lebih Kecil Dibanding Bus Biasa

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus dengan bodi Suites Class buatan karoseri Laksana memang menjadi kelas pelayanan yang tertinggi saat ini. Suites Class memiliki 21-23 bangku yang disusun menumpuk atas dan bawah.

Keunggulan dari Suites Class ini yaitu dari kenyamanan dan privasinya yang baik bagi penumpang. Namun ada satu kekurangannya yaitu bagasi bus yang tidak begitu luas dibanding dengan bus pada umumnya.

Bodi bus Suites Class mengambil basis dari Legacy SR2 HD Prime yang memiliki tinggi 3,7 meter. Namun jika dibandingkan bagasinya dengan HD Prime, Suites Class memiliki kapasitas yang lebih kecil, mengapa begitu?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, walaupun menggunakan basis bodi yang sama, memang betul luasnya bagasi Suites Class lebih kecil dari bus basisnya, namun tetap bisa menampung barang bawaan penumpang

“Betul lebih kecil, karena harus mengejar ukuran kabin yang lebih tinggi dibanding bus biasa. Selisih tingginya sekitar 20 cm antara Suites Class dan HD Prime,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Kecilnya ukuran bagasi disebabkan lantai kabin yang dibuat lebih rendah, sehingga akses penumpang lebih mudah. Apalagi melihat konfigurasi bangku yang saling menumpuk, memudahkan penumpang untuk naik ke bangku bagian atas.

Kemudian, jika pada bus biasa memiliki bagasi di atas kepala penumpang, Suites Class tidak memilikinya. Bagasi yang ada di kabin bus Suites Class hanya ada di bagian belakang, dekat dengan toilet dan ukurannya tidak terlalu besar.

“Di sebelah toilet ada tempat untuk taruh sepatu atau sendal. Untuk barang-barang bawaan penumpang tidak cukup, paling bisa ditaruh di bagasi bawah,” kata Werry.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/22/193100215/bagasi-bus-suites-class-lebih-kecil-dibanding-bus-biasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke