Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Bahaya Main Ponsel Saat Isi Bensin | SUV Esemka Garuda 1 di Permendagri

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video yang memperlihatkan mobil terbakar saat mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU).

Beruntung sopir tersebut sigap mendorong mobil menjauh dari dispenser BBM.

Kejadian ini menimpa Toyota Avanza di Palu, Sulawesi Tengah. Tepatnya di SPBU Diponegoro, Kota Palu, Minggu (13/9/2020)

Selain itu, konfirmasi Esemka soal SUV Garuda 1 di Permendagri juga ikut menjadi sorotan masyarakat.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 15 September 2020:

1. Mobil Terbakar di SPBU, Ingat Bahaya Maim Ponsel Saat Isi Bensin

Belum lama ini, beredar video yang memperlihatkan mobil terbakar saat mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU).

Beruntung sopir tersebut sigap mendorong mobil menjauh dari dispenser BBM.

Kejadian ini menimpa Toyota Avanza di Palu, Sulawesi Tengah. Tepatnya di SPBU Diponegoro, Kota Palu, Minggu (13/9/2020)

2. Konfirmasi Esemka Soal Kemunculan SUV Garuda 1 di Permendagri

Akhir Agustus 2020 lalu sempat viral mengenai kehadiran Esemka Garuda 1 yang muncul dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Dalam keterangannya, tertulis bila Esemka Garuda 1 2.0 M/T tahun produksi 2020 dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 265 juta dan DP PKB Rp 278,25 juta.

Kondisi itu pun menimbulkan persepsi dan mengundang banyak tanya dari masyarakat, mengenai kejelasan apakah benar bila Esemka sudah mulai menjual sport utility vehicle ( SUV) Garuda 1 tersebut?

3. Kenali Tipe Truk dari Engkel, Tronton, Trintin dan Trinton

Truk sebagai angkutan barang memang sering ditemui di jalanan. Ukuran truk juga beragam, mulai dari yang kecil, sampai yang besar. Namun ternyata, berbagai tipe truk itu punya nama, bukan sekadar ukurannya saja.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, truk memiliki nama berdasarkan konfigurasi bannya, yaitu engkel, tronton, trintin, dan trinton.

“Berdasarkan istilah rancang bangun Kementerian Perhubungan, 1.1 artinya dalam satu axle ada dua ban. Kemudian 2.2 berarti dalam satu axle ada empat ban,” kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

4. Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Terkait para pesepeda yang terekam video yang viral tengah menerobos masuk ke Jalan Tol Jagorawi pada Minggu (13/9/2020), Jasa Marga dan kepolisian telah melakukan penelusuran terhadap aksi pelanggaran nekat tersebut.

Penelusuran dilakukan melalui pengecekan rekaman closed circuit television (CCTV) yang berada di lajur, gerbang tol, dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Km 45 Jalan Tol Jagorawi, serta investigasi lanjutan.

Menurut Irra Susiyanti, Marketing and Commmunication Departemen Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, berdasarkan temuan hasil pemeriksaan, rombongan pesepeda yang berasal dari Bekasi dan Pamulang melaksanakan kegiatan mulai pukul 07.30 WIB menelusuri jalan perkampungan di sekitar daerah Ciawi.

5. PO Rajawali Citra Transport Rilis Bus Baru Karoseri New Armada

Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak membuat perusahaan otobus ( PO) berhenti menyegarkan kendaraan. Salah satunya, PO Rajawali Citra Transport yang melakukan penyegaran pada kendaraan niaga andalannya.

Bus terbaru dari PO asal Medan ini menggunakan bodi Skylander double glass dari karoseri New Armada di Magelang. Bodi Skylander ini didominasi warna putih dengan grafis berwarna hijau, biru dan merah.

Pada bagian depan, desain lampu Skylander ini memang terbilang unik, memiliki DRL yang memanjang ke bawah. Selain itu, pada bagian kaca, dilindungi dengan tameng yang terbuat dari besi, untuk kaca atas dan bawah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/16/060200915/-populer-otomotif-bahaya-main-ponsel-saat-isi-bensin-suv-esemka-garuda-1-di

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.