Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rossi dan Quartararo Mulai Pertanyakan Peran Lorenzo

MISANO, KOMPAS.com - Jelang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia, dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Fabio Quartararo mulai mempertanyakan peran Jorge Lorenzo sebagai pebalap tes Yamaha.

Lorenzo terakhir mengetes YZR-M1 yakni Februari lalu di tes pramusim Sepang. Setelah itu Lorenzo disebut akan balapan wildcard di GP Catalunya sebelum akhinya batal karena pandemi Covid-19.

Sekitar akhir Juni, beberapa tim sudah melakukan uji coba aspal baru Sirkuit Misano. Tapi Yamaha dan Lorenzo tidak.

Rossi mempertanyakan mengapa Lorenzo belum menyentuh motor lagi sejak di Sepang. Sedangkan tim lain tetap melakukan berbagai pengujian, seperti yang dilakukan pebalap uji Ducati Michele Pirro dan test rider KTM, Dani Pedrosa.

“Saya memiliki pertanyaan yang persis sama untuk Yamaha karena saya sangat senang ketika Jorge adalah pebalap uji kami karena dia salah satu yang terbaik dalam sejarah di M1,” kata Rossi megutip Autosport, Jumat (11/9/2020).

“Saya pikir dia bisa banyak membantu kami. Kami juga melihat apa yang dilakukan Pedrosa pada KTM dalam satu tahun. Saya pikir dia memberi mereka banyak nasihat bagus. Tapi juga, Yamaha harus percaya pada programnya, dan sejujurnya saya tidak tahu," kata Rossi.

Rossi mulai berpikir bahwa ada intrik antara Lorenzo dan Yamaha. Sebab Lorenzo adalah salah satu pebalap terbaik yang pernah menunggangi M1.

“Terkadang di Yamaha terjadi hal-hal yang sulit dijelaskan. Anda harus berbicara dengan mereka,” katanya.

Quartararo juga mengungkapkan hal sama. Para pebalap Yamaha tidak tahu mengapa Lorenzo belum kembali ke atas motor dan melakukan pengujian. Padahal masukan dari test rider akan sangat berguna.

“Sejujurnya, saya tidak tahu, kami tidak mengerti mengapa Lorenzo tidak melakukan pengujian apapun. Kami tahu di masa lalu kapasitas Jorge dengan Yamaha dan saya tidak tahu mengapa dia tidak membalap,” kata Quartararo.

“Dia melakukan 20 lap di Sepang dan hanya itu. Sementara saat tes di Misano lalu, saya tidak melihat ada Yamaha di sana. Ini sebuah kerugian, karena tidak tahu motor akan bagaimana,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/11/173100915/rossi-dan-quartararo-mulai-pertanyakan-peran-lorenzo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke