Salin Artikel

Intip Nuansa Kabin Nissan Kicks e-Power

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai urusan eksterior, giliran masuk ke dalam compact SUV terbaru Nissan di Tanah Air, Kicks e-Power. Begitu membuka pintu, nuansa serba gelap langsung terlihat dari sektor dasbor hingga lapisan kulit joknya.

Dari segi layout interior, Nissan tak memberikan banyak sentuhan "aneh" yang membuat mata terkejut. Hal ini memang lantaran konsepnya seakan dibuat lebih kalem dengan mengedepankan visual yang lebih minimalis.

Dominasi warna hitam dengan sentuhan detail jahitan putih memberikan efek elegan, sementara untuk ruang kemudi, pengendara dimanjakan dengan ragam tombol fungsi yang mudah dijangkau. Hal ini menunjukan sisi ergonomis yang cukup baik.

Pada bagian kemudi juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan audio dan Intelligent Cruise Control di bagian kanannya. Cukup dengan ibu jari, pengendara bisa dengan mudah mengakses ragam fitur yang dimiliki Kicks e-Power.

Sistem hiburan sudah tertanam audio layar sentuh di bagian tengah dasbor, sementara untuk tuas transmisi di letakan pada bagian konsol tengah, lengkap bersama pilihan mode berkendara smart dan EV serta tombol start-stop engine.

Gagang tuas transmisi matiknya dibuat sederhana dengan desainkecil mirip dengan Toyota Prius PHEV. Tak seperti kebanyakan mobil matik konvensional, untuk pilihan pada tuas transmisi hanya tersedia R, N, D/B.

Paling menarik justru dari kenyamanan joknya yang sudah terbungkus leather halus. Terutama untuk jok pengendara yang diklaim sudah tersemat teknologi Zero Gravity dan dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan untuk perjalanan yang panjang.

Sayangnya, untuk pengoperasian joknya masih harus dilakukan secara manual. Tapi bicara soal kelapangan, dari kaki dan kepala pada baris pertama masih dalam katergori yang nyaman.

Begitu juga untuk baris kedua, meski dari luar terlihat desain atapnya melandai ke bagian belakang, tapi ruang kepala untuk penumpang dewasa masih cukup lapang. Tak hanya itu, Nissan juga sudah memberikan dua soket USB di baris kedua guna pengisian daya ke gawai penumpang selama perjalana.

Sementara ruang bagasi juga cukup besar, total kapasitasnya mencapai 423 liter yang masih bisa menampung ragam bawaan baik saat sedang berlibur ke luar kota atau berbelanja bulanan bersama keluarga.

Fitur

Nissan menghadirkan Kicks ePower dengan ragam fitur keamanan yang inovatif, yakni Nissan’s Safety Shield System yang di dalamnya termasuk teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System.

Teknologi Intelligent Forward Collison Warning berguna mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan di depan pada jalur yang sama dan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Sementara Intelligent Emergency Braking, secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat sehingga dapat menghindarkan terjadinya tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri.

Untuk Intelligent Cruise Control, kendaraan akan secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depannya, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh atau kemacetan pada saat berkendara dengan mengaktifkan fitur tersebut.

Selain itu, beragam teknologi canggih Nissan lainnya, seperti Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control dan Hill Start Assist tersedia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/04/101200215/intip-nuansa-kabin-nissan-kicks-e-power

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.