Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terlihat Sepele, Ini Pentingnya Peran Kabel pada Audio Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlihat sepele, kabel pada sistem audio mobil memiliki peran penting.

CEO PT Audio Plus Indonesia Andreas Tjahjadi menjelaskan, selain speaker, head unit, hingga amplifier, bagian tersebut berguna untuk memaksimalkan output suara yang dihasilkan.

"Tanpa ada kombinasi yang pas antara kabel power, kabel RCA, dan kabel speaker, suara pada audio tidak akan maksimal. Rata-rata, output dari kabel-kabel itu 30 persen," katanya beberapa waktu lalu.

"Kalau salah satunya diganti kabel lain atau bermasalah, suara high bisa mendem dan bass-nya juga bisa lebar atau pecah," lanjut Andre.

Andre menuturkan bahwa orang Indonesia kebanyakan masih menganggap hanya kabel RCA yang berpengaruh signifikan pada keluaran bunyi audio.

"Pandangan ini tidak benar, seluruh bagian penting tak terkecuali kabel termasuk kabel power. Oleh karenanya ada beberapa produk kabel khusus untuk audio, tak hanya bagian-bagian luar saja," kata dia.

Kendati demikian, ia tak menampik bahwa kualitas bunyi yang dihasilkan oleh audio banyak dipengaruhi oleh perangkat audio di luar kabel (lebih dari 30 persennya).

"Biasanya kalau mau ngatur pembelian untuk modifikasi audio mobil, 70 persen budget untuk beli perangkat dan 30 persen buat beli kabel. Ini harus ada keseimbangan dan jangan sepelekan pengaruh kabel untuk menciptakan output maksimal pada audio," kata Andreas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/31/114200015/terlihat-sepele-ini-pentingnya-peran-kabel-pada-audio-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke