Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vinales Akui Kesalahannya di MotoGP Styria

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan fatal dialami Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Styria. Yamaha M1 yang digunakannya tak bisa digunakan untuk mengerem alias blong.

Vinales yang saa itu sedang melaju dengan kecepatan lebih dari 220 kilometer per jam, terpaksa lompat dari motor. Sebab, rem depannya bermasalah dan tak bisa bekerja sama sekali.

Dampaknya, balapan harus dihentikan sementara. Beberapa pebalap juga menyesalkan hal tersebut, karena performanya jadi berubah saat balapan dilanjutkan.

Contohnya, Joan Mir yang tadinya posisi paling depan jadi finis keempat. Pebalap Suzuki tersebut menganggap tindakan Vinales berbahaya.

Mir menyalahkan Vinales yang tidak langsung kembali ke paddock saat remnya bermasalah. Selain itu, Mir juga menyalahkan Vinales yang menggunakan kaliper lama Brembo.

"Itu semua salah saya. Saya tidak ingin berhenti hingga akhirnya rem tak bisa bekerja. Seharusnya saya berhenti lebih awal. Saya ingin meraih poin, untuk mengejar ketertinggalan di klasemen," ujar Vinales, dikutip dari GPone.com.

Namun demikian, Vinales menolak untuk dibilang tak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan pebalap lain celaka.

"Ketika saya menyadari saya memiliki masalah dengan rem, saya mengangkat tangan agar pebalap lain bisa lewat. Saya di belakang (Andrea) Dovizioso dan membiarkannya menjauh," kata Vinales.

"Lalu, Valentino (Rossi) dan (Fabio) Quartararo datang dan rem bekerja kembali. Tapi ketika rem bermasalah lagi, saya membiarkan keduanya lewat. Saya tidak ingin membuat seseorang berada dalam resiko," ujar Vinales.

Pebalap asal Spanyol tersebut menungkapkan alasannya tidak menggunakan kaliper baru. Dirinya mendapat masalah ketika mencobanya. Tapi saat MotoGP Austria, kaliper lama justru tak bermasalah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/29/130200215/vinales-akui-kesalahannya-di-motogp-styria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke