Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wacana Road Bike, Catat Potensi Bahaya Sepeda Masuk Tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuka jalan tol sebagai jalur khusus road bike atau sepeda balap pada akhir pekan.

Namun, rencana ini masih harus menunggu persetujuan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sebab, rute yang dipakai adalah Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat, yang rencananya akan berlaku setiap Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Kebijakan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tingginya animo masyarakat dalam menggunakan sepeda menjadi salah satu alasan kebijakan ini.

“Tapi ini bukan sepeda biasa ya, namanya road bike. Ditutup satu jalur, tapi ini masih dalam pembicaraan, kami masih menunggu persetujuan dari Pak Menteri,” ujar Syafrin kepada Kompas.com (26/8/2020).

Kebijakan yang memperbolehkan sepeda masuk tol tentu menimbulkan pro dan kontra.

Dari sisi keselamatan, potensi bahaya yang mengintai para pesepeda sebetulnya cukup tinggi.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, jika hanya dibatasi dengan traffic cone, sepeda sangat mungkin tertabrak mobil.

“Pengemudi mabuk atau fatigue dapat saja tanpa sadar berpindah lajur dan menabrak pesepeda,” ujar Marcell kepada Kompas.com (28/8/2020).

“Dan faktanya, bila pesepeda ditabrak oleh kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60 kpj saja, maka kemungkinan hidup korban hanya 10 persen saja,” tuturnya.

Pembatas

Marcell juga mengatakan, meski jalur sepeda sudah dibatasi dengan pagar pembatas, pasti akan ada persinggungan yang akan mempertemukan pesepeda dan pengemudi mobil.

“Pasti akan ada risiko tabrakan yang tinggi pada jalur masuk tol saat mobil akan merging ke lajur kanan dan jalur keluar tol saat mobil akan keluar dari tol,” ucap Marcell.

Belum lagi jika ada kemungkinan pesepeda yang tidak tertib berada di lajurnya.

Hampir dapat dipastikan bakal langsung berhadapan dengan mobil-mobil yang melintas di tol tersebut.

“Karena faktanya, mobil dalam kecepatan tinggi akan lebih sulit untuk melakukan manuver,” kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/29/082200415/wacana-road-bike-catat-potensi-bahaya-sepeda-masuk-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke