Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Sepeda di Jalan Tol, Risikonya Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengakomodasi tingginya animo masyarakat yang menggunakan sepeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menyiapkan jalur sepeda khusus untuk road bike atau sepeda balap. Tak tanggung-tanggung, ruas yang rencananya digunakan adalah jalan tol Kebon Nanas hingga Tanjung Priok.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatkan dari koordinasi awal memang lokasi yang ditentukan dari jalan tol dalam kota mulai dari Kebun Nanas sampai arah ke Priok, di sisi baratnya.

Terkait permohonan ini pun sudah disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam surat nomor 297/1.792.1, mengenai pemanfaatkan ruas jalanto lingkar dalam (Cawang-Tanjung Priok).

"Tapi ini bukan sepeda biasa ya, namanya road bike. Jadi menyiapkan satu sisi yang digunakan sendiri untuk sepeda, tetapi untuk pelaksanaannya menungu izin dari Menteri PUPR," kata Syafrin kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Menurut Syafrin, jalur khusus sepeda road bike tersebut hanya akan berlaku pada hari Minggu, dari pukul 06.00-09.00 WIB. Lalu akan dilengkapi dengan traffic cone sebagai pembatas jalur sepeda dengan lalu lintas biasanya.

Untuk jarak tempuhnya sendiri menurut Syafrin sekitar 10-12 kilometer. Pasa pesepada hanya akan berada di dalam ruas yang ditentukan, sementara nanti juga akan ada manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk pengendalian arus.

"Ditutup satu jalur, tapi ini masih dalam pembicaraan, kami masih menunggu persetujuan dari pak Menteri," kata syafrin.

Menanggapi wacana ini, Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memgatakan bila rencana tersebut cukup berisiko tinggi. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan, paling utama dari segi keselamatan.

"Ini kita bicarakan highway, di mana mobil atau pun kendaraan lain yang melintas sudah berjalan di atas pelan atau bisa dibilang di atas 50 kpj. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan, dan paling banyak itu dari segi keselamatan pengguna jalannya," ucap Jusri.

"Perlu diketahui, di jalan raya ada banyak komponen varibelnya. Contoh ada kendaraan laik jalan ada juga yang tidak, ada kendaraan tua, ada kendaraan muda, lalu daerah itu juga merupakan lintasan perekonomian karena banyak truk untuk ke pelabuhan dan bandara, artinya banyak kendaraan heavy vehicle yang melintas di sana tanpa mengenal hari libur," kata dia.

Menurut Jusri, bila hanya memisahkan satu jalur untuk sepeda dengan radius hingga berapa kilometer itu akan sangat mengganggu, bahkan bisa mempengaruhi pengereman dari kendaraan berat tadi. Belum lagi ditambah dengan faktor lain seperti dari manusia atau pengguna kendaraannya.

Baik ada yang tua sampai muda, ada yang mahir berkendara ada pula yang tidak, ada yang disipilin ada juga yang ugal-ugalan. Lalu dari segi pesepedanya, apakah bisa dijamin ketertibannya, kondisi itu semua menurut Jusri harus diperhitungkan lantaran jalan raya adalah ruang publik.

"Rata-rata kecelakaan di jalan tol itu dampaknya besar sekali, paling minim itu luka dalam kategori berat lalu fatalitas atau kematian. Jadi baiknya harus dipikirkan kembali," ujar Jusri.

"Lain soal kalau jalan tol itu benar-benar ditutup untuk kendaraan, itu aman. Tapi harus dipikirkan juga bagaiman dengan pengguna kendaraan dan bisnis jalan tolnya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/26/163545115/jalur-sepeda-di-jalan-tol-risikonya-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke