Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Transportasi Umum Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka pemulihan ekonomi, pemerintah diminta untuk memperbaiki kualitas transportasi umum. Namun peningkatan layanan transportasi harus mengutamakan protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata, mengatakan, pemerintah harus memberikan pelayanan transportasi yang baik guna menunjang mobilitas masyarakat selama pandemi.

“Caranya dengan peningkatan frekuensi dan kapasitas angkutan umum untuk mengurangi kepadatan penumpang,” ujar Djoko, dalam keterangan tertulis (20/8/2020).

“Operator angkutan umum diminta untuk menggunakan sistem penghitungan penumpang, terutama pada kereta komuter dan pinggiran kota, untuk mengelola kapasitas,” katanya.

Agar sebaran penumpang lebih merata, Djoko punya ide agar pemerintah bisa memberikan insentif untuk perjalanan di luar jam sibuk.

Cara ini dipercaya dapat mendistribusikan kepadatan, sehingga pengguna transportasi umum tidak terkonsentrasi pada pagi dan sore hari.

Djoko menambahkan, langkah memberikan insentif merupakan cara untuk menghadapi kerugian finansial yang ditimbulkan oleh penurunan penumpang yang kemungkinan akan bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Dengan mengalihkan permintaan dari masa puncak, beban peak hours bisa berkurang sehingga memungkinkan jarak fisik, sekaligus membuat transportasi umum menjadi lebih nyaman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/22/100200515/layanan-transportasi-umum-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke