Salin Artikel

Cara Hidupkan Mesin Motor Honda dengan Bank Angle Sensor Aktif

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa sepeda motor sport Honda, sudah disematkan dengan teknologi penunjang keselamatan, yakni Bank Angle Sensor (BAS). Sensor tersebut ada pada CB150R, CBR150R, dan CBR250RR.

Teknologi ini disebut juga dengan sensor jatuh. Jadi, saat motor terjatuh, fitur keselamatan ini baru akan bekerja secara otomatis.

Cara kerjanya, jika posisi motor miring ke kanan atau ke kiri sebanyak lebih dari 70 derajat, maka sensor akan membaca keadaan tersebut dan secara otomatis akan mematikan komponen kelistrikan dan pengapian di motor.

Saat BAS dalam keadaan aktif, motor tidak akan bisa dihidupkan lagi mesinnya. Ada cara khusus untuk bisa menghidupkan mesin kembali.

"Saat electric starter ditekan, mesin tidak akan hidup. Sebab, bank angle sensor sudah memutus arus," ujar Muhammad Mappalinrungi, mekanik Big Wing Astra Motor Center Jakarta, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rungi, sapaan akrabnya, mengatakan, cara menghidupkannya, kontak harus dimatikan terlebih dahulu. Jika sudah dimatikan, posisikan kembali ke ON, baru mesin bisa dihidupkan lagi dengan normal.

"Kalau memang masih tidak bisa dihidupkan, harus dibawa ke bengkel resmi dan di-reset sistemnya," kata Rungi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/21/184100215/cara-hidupkan-mesin-motor-honda-dengan-bank-angle-sensor-aktif

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.