Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Mana Posisi Speaker pada Bus?

JAKARTA, KOMPAS.com – Speaker merupakan komponen pengeras suara yang ada di kabin kendaraan. Perangkat ini juga penting untuk dipasang pada kabin bus. Apalagi bus pariwisata maupun antar kota antar provinsi (AKAP) sebagai hiburan agar penumpang tidak bosan.

Jika posisi speaker pada kendaraan biasanya ada di bagian pintu, lalu di mana letak speaker yang ada di bus? Apalagi bus memiliki dimensi yang panjang sehingga suara dari sistem hiburan harus sampai ke semua sisi.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, pada umumnya, speaker pada kabin bus diletakkan pada bagasi atas kepala penumpang.

“Speaker biasanya ada di bagasi atas, selain itu ada juga yang dipasang pada louver AC. Kalau di Laksana, ada speaker opsional yang ditempatkan dekat pintu masuk bagian depan,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Mengenai alasan mengapa ditempatkan pada bagasi kabin, tujuannya agar menghemat tempat. Seperti yang dikatakan Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya. Dimas mengatakan peletakan speaker memerhatikan kenyamanan dari penumpang.

“Speaker di atas untuk memanfaatkan bagasi, agar ruang untuk penumpang tidak jadi korbannya. Selain itu, untuk subwoofer ada di panel depan, di bawah bangku kernet,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Dimas menambahkan, untuk standar bus besar, mendapatkan tiga set atau enam buah speaker. Sedangkan pemesan bodi juga memiliki opsi dengan menambah satu set menjadi delapan buah speaker yang ada di kabin.

“Kalau di Tentrem, ada lagi opsional speaker yang dipasang di balik bando atau sekat kaca depan,” ucap Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/152200915/di-mana-posisi-speaker-pada-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke