Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Tahu, Apakah Seat Belt Mobil Punya Masa Pakai?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk keselamatan atau seat belt di mobil merupakan piranti keselamatan utama yang wajib dikenakan.

Digunakan setiap hari, membuat seat belt lebih sering mengalami masalah, mulai dari sabuk tergulung, longgar, sampai retractor (pengunci) yang macet.

Lantas, apakah seat belt memiliki usia pakai, mengingat fungsinya yang vital dan setiap hari digunakan?

Menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, seat belt pada mobil pada dasarnya tidak memiliki umur pakai. Artinya, bisa digunakan sampai kapan pun selama kondisinya layak pakai.

“Pada dasarnya seat belt digunakan dengan umur panjang, kecuali mobil pretensioner yang memang sekali pakai. Umur pakai seat belt bukan ditentukan dari waktu atau jarak tempuh, tapi lebih ke kondisi fisik, layak atau tidak digunakan, ada kerusakan atau masih baik fungsinya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com.

Untuk mengetahui apakah kondisi sabuk pengaman masih dalam kondisi baik, bisa dilihat secara visual. Pemeriksaan lebih teliti juga wajib dilakukan saat membeli mobil bekas, takutnya pernah mengalami kecelakaan sebelumnya.

“Mobil yang sudah mengalami tabrakan, terutama dari depan, wajib mengecek kondisi seat belt. Hal yang paling utama adalah mengenai daya dalam menahan berat badan, biasanya kalau mobil sudah pernah tabrakan fungsinya akan berkurang, ini wajib diperiksa,” terangnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/104200215/sudah-tahu-apakah-seat-belt-mobil-punya-masa-pakai-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke