Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hanya Ini Obat Paling Ampuh Bila Ngantuk Saat Mengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala microsleep atau tertidur sepersekian detik selama mengemudi bisa terjadi akibat stagnasi selama perjalanan. Hal ini biasanya diatasi oleh pengemudi dengan mendengarkan lagu dari perangkat hiburan kendaraan.

Namun, menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu cara ini dinilai tidak terlalu efektif.

“Bukan tidak boleh (mendengarkan musik), tapi jangan berlebihan. Mendengarkan musik itu sering dilakukan pengemudi untuk menghilangkan gejala kebosanan, lelah selama perjalanan. Ini punya konsekuensi karena mendengarkan musik bisa membuat pengemudi terbuai,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com.

Situasi terbuai dapat tercipta tidak hanya dari musik yang dilantunkan tapi juga kondisi kenyamanan dalam kendaraan. Penggunaan pendingin udara (AC), kekedapan kabin, dapat membuat pengemudi terlalu nyaman.

Jusri menyarankan pengemudi untuk sesekali mendengarkan hiburan musik melalui perangkat audio di kendaraan. Ia tidak menyarankan untuk mendengarkan terus menerus sepanjang perjalanan.

“Kalau mendengar terus sepanjang perjalanan bisa jenuh, bosan malah. Sesekali saja,” katanya.

Jusri mengingatkan untuk pengemudi menetapkan frekuensi berkendara. Jika menempuh perjalanan jauh bisa diatur setiap delapan jam perjalanan lalu istirahat selama dua jam atau frekuensi lainnya.

Obat paling ampuh dari mengantuk adalah tetap beristirahat dan tidur sejenak. Segera cari tempat beristirahat yang aman, seperti SPBU atau rest area yang aman, untuk memejamkan mata dan memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/17/120200615/hanya-ini-obat-paling-ampuh-bila-ngantuk-saat-mengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke