Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Lagi untuk Tutup Kaca Helm Saat Riding

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen yang ada di helm yaitu kaca atau visor. Visor ini berfungsi untuk melindungi muka dari terpaan angin saat riding. Namun kadang visor helm disepelekan oleh penggunanya.

Saat riding di siang hari, pengendara jarang menutup visor helmnya karena merasa gerah. Jadi lebih memilih untuk membuka visor agar muka terkena terpaan angin. Padahal menutup visor helm bisa mencegah kecelakaan.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, saat riding sebaiknya visor ditutup untuk melindungi mata dari debu, sehingga penglihatan tidak terganggu.

“Jika penglihatan pengendara terganggu, bisa menimbulkan potensi bahaya. Menutup visor juga dapat mengurangi debu yang dihirup pengendara saat riding,” kata Setyo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kalau pengendara beralasan visor yang sudah buram karena baret-baret halus, sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Sudah banyak toko helm yang menjual visor untuk mengganti kaca lama yang sudah baret.

“Kalau visor kotor juga sebaiknya dibersihkan dulu sebelum digunakan. Helm merupakan pelindung bagian vital pada manusia, disarankan untuk merawat helm dengan baik,” ucap Setyo.

Biasakan saat riding menggunakan helm dalam kondisi yang bersih, selain nyaman, juga lebih aman kalau visor bersih. Visor yang bersih membuat pengendara bisa melihat dengan lebih jelas sehingga mudah menganalisa bahaya di jalan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, menutup visor saat hujan dapat membantu mencegah air langsung mengenai muka pengendara.

“Kaca helm juga membantu saat hujan karena mencegah air masuk dan mengganggu pandangan. Jika air masuk, pengendara bisa kehilangan konsentrasi, dan itu bisa bahaya,” ucap Agus kepada Kompas.com.

Agus mengatakan, visor boleh saja dibuka atau ditutup ketika motor sedang berhenti, tergantung kebiasaan dari pengendaranya. Namun ketika kembali berjalan, sebaiknya visor ditutup agar aman tidak terganggu debu dari luar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/09/094100215/ingat-lagi-untuk-tutup-kaca-helm-saat-riding

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke