Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Bahaya Potong Per Saat Bikin Mobil Lebih Ceper

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah laki-kaki kendaraan menjadi cara yang banyak dilakukan pencinta modifikasi. Salah satunya adalah membuat mobil menjadi lebih ceper.

Modifikasi bagian kaki-kaki diyakini dapat mengubah tampilan kendaraan cukup signifikan. Namun, tak banyak yang paham bagaimana cara yang aman untuk bikin mobil ceper.

Salah satu cara yang banyak dilakukan namun salah adalah memotong per pada sokbreker. Dari segi keamanan, cara seperti ini sebenarnya sangat tidak disarankan.

Andi, dari bengkel spesialis suspensi Wahyu Motor, MGK Kemayoran, mengatakan, modifikasi dengan memotong tidak disarankan untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.

"Sama juga seperti memanaskan per untuk membuat lebih rendah, tidak disarankan untuk usia per itu sendiri," ujar Andi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Andi menambahkan, jika per dipotong dudukan bawah akan berubah. Sehingga, per tidak lagi benar-benar berfungsi normal dalam keadaan sebelum terpotong atau justru bekerja lebih keras.

Cara yang aman untuk membuat mobil lebih ceper adalah dengan mengganti diameter per dengan ukuran yang lebih kecil. Sekarang ini, sudah banyak produsen aftermarket yang menawarkan per dengan beragam ukuran.

"Nanti mobil otomatis akan lebih turun. Selain itu per bawaan atau yang asli masih bisa disimpan untuk keperluan mengembalikan ke pengaturan suspensi normal," kata Andi.

Andi mengatakan, modal yang dikeluarkan untuk ubahan ini sekitar Rp 1,5 jutaan. Untuk ukuran ceper yang diinginkan, bisa mengikuti kemauan konsumen.

"Kalau mau ceper ukuran dua jari, tinggal cari. Panjang per sama asal ulirnya lebih kecil," ujar Andi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/01/182200115/catat-ini-bahaya-potong-per-saat-bikin-mobil-lebih-ceper

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke