Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Skenario Polisi Atasi Kemacetan Arus Mudik Idul Adha

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah merencanakan skenario lalu lintas untuk menghadapi lonjakan volume kendaraan pada arus mudik Idul Adha 1441 H.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pihaknya menyiapkan rencana contra flow dan one way pada ruas jalan tol jika mengalami kepadatan.

“Kemudian kalau ada kecelakaan yang mengkibatkan tertutupnya jalan tol elevated, maka skenario kedua kita akan laksanakan contra flow,” ucap Sambodo, seperti dilansir dari laman Humas Polri (30/7/2020).

Sambodo menambahkan, pihaknya bahkan telah menyiapkan rencana satu arah atau one way apabila skenario contra flow tidak dapat mengatasi kepadatan lalu lintas.

Walau demikian, rencana tersebut akan dikoordinasikan dulu dengan Korps Lalu Lintas Polri. Pasalnya sejumlah ruas yang mengalami kepadatan tinggi disebut berada di perbatasan Banten dan Jawa Barat.

“Apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor atau Karawang. Atau Polda Banten kali ini ke arah Tangerang, tetapi intinya kita siap,” ujar Sambodo.

Kepolisian juga telah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk dapat melakukan buka tutup rest area di jalan tol untuk mengurangi kepadatan.

“Misalnya ternyata antrean untuk mengisi bensin beristirahat di area KM 19 membeludak sehingga menutup arus ke arah timur, tentu kita akan melaksanakan buka tutup,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/31/142200515/begini-skenario-polisi-atasi-kemacetan-arus-mudik-idul-adha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke