Salin Artikel

Ini Efek Buruk Sering Ngecas Ponsel di Power Output Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat pengisian baterai ponsel pada kendaraan memang bukan hal yang baru sekarang ini.

Tidak hanya kendaraan roda empat, tetapi sepeda motor pun tidak sedikit yang sudah disematkan fitur pengisian baterai handphone ini.

Keberadaan fitur ini memang cukup membantu bagi para pemilik kendaraan yang mengalami baterai habis atau bahkan gawainya mati.

Dengan adanya fasilitas tersebut, maka pemilik gawai tidak perlu menunggu sampai di rumah hanya untuk melakukan pengisian baterai ponsel.

Pengisian baterai tetap bisa dilakukan sembari berkendara tanpa harus menunggu sampai tiba di rumah.

Tetapi, ternyata mengisi baterai HP dari power output tidak disarankan karena bisa berdampak pada daya tahan baterai ponsel itu sendiri.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengisi baterai ponsel dari power output kendaraan sebaiknya dihindari.

Jika hal itu terlalu sering dilakukan, atau bahkan sudah menjadi kebiasaan bisa berdampak buruk pada daya tahan baterai ponsel.

Alasannya, arus listrik yang ada pada kendaraan tidak stabil atau naik turun sehingga bisa memberikan efek yang tidak baik pada gawai yang di charger.

“Sebaiknya hindari charging baterai HP di mobil, karena tegangannya naik turun (mesin mobil berputar naik dan turun),” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Didi melanjutkan, pengisian tersebut dikhawatirkan bisa memperpendek usia HP itu sendiri.

Maka dari itu, Didi pun menyarankan, agar kebiasaan mengisi baterai gawai menggunakan power output di mobil sebisa mungkin dihindari.

“Jadi jangan mengandalkan power output mobil untuk mengisi baterai HP,” katanya.

Mengisi baterai ponsel melalui power output di mobil sebaiknya dilakukan jika memang kondisinya tidak memungkinan untuk menunggu sampai di rumah.

Didi juga mengatakan, penggunaan power output untuk mengisi baterai ponsel bisa juga mempengaruhi masa usia aki.

“Walaupun kemungkinan itu sangat kecil, bahaya atau risiko itu tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama,” tutur Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/30/071200015/ini-efek-buruk-sering-ngecas-ponsel-di-power-output-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.