Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membaca Sistem Penggerak pada Bus dan Truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara umum, jenis penggerak yang digunakan pada mobil biasa yaitu 4x2 atau 4x4. Kemudian pada kendaraan besar seperti truk atau bus, bertuliskan 6x2, 6x4, bahkan 6x6.

Kendaraan yang bertuliskan 6x2, biasanya ada pada sasis bus yang menggunakan tiga as roda atau triple axle. Sedangkan 6x4 biasa digunakan pada truk besar seperti dump truck. Kemudian 6x6 digunakan pada truk spesial dengan penggerak semua roda.

Lalu apa arti dari angka-angka tersebut?

Deputy GM Product Division Hino Motors Sales Indonesia, Prasetyo Adi Yudho mengatakan, kedua angka tersebut memiliki arti tersendiri.

Angka yang di depan memiliki arti jumlah titik atau sumbu roda. Sedangkan yang bagian belakang berarti sumbu roda yang bergerak.

“Misalnya 6X4, berarti kendaraan tersebut memiliki enam sumbu roda dengan empat titik yang bergerak. Empat sumbu roda yang bergerak yaitu ada pada bagian belakang, sedangkan dua lagi as roda yang ada di depan,” kata Prasetyo kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian jika yang ada di bus, 6x2 memiliki arti hanya dua sumbu roda penggerak dari enam titik. Jadi sering ada salah baca kalau angka enam merupakan jumlah roda dan angka dibelakangnya merupakan jumlah as roda yang bergerak.

Selain itu jika memiliki penggerak 6x6, memiliki arti enam titik roda dan semuanya menjadi penggerak kendaraan. Ada juga truk dengan penggerak 8X4, kendaraan tersebut memiliki delapan as roda, empat di sisi kanan dan kirinya.

Namun roda yang bergerak hanya pada empat as roda yang ada di belakang. Empat as roda yang di depan berfungsi untuk berbelok.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/26/114100115/membaca-sistem-penggerak-pada-bus-dan-truk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke