Salin Artikel

Jenis Pelanggaran yang Diincar Polisi Selama Operasi Patuh Progo 2020

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Razia kendaraan bermotor digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Operasi dengan sandi Patuh Progo 2020 ini menyasar sejumlah pelanggaran tematik yang dilakukan oleh pengendara selama 14 hari, mulai Kamis 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, sasaran dari Operasi Patuh Progo 2020 adalah pelanggaran tematik yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor.

“Seperti tidak menggunakan helm standar (potensi fatalitas laka lantas korban meninggal dunia), berkendara melawan arus,” ujar I Made Agus kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Dirlantas menambahkan, selain pelanggaran tersebut razia kendaraan juga akan menyasar kendaraan roda dua khususnya yang menggunakan knalpot tidak standar.

“Knalpot tidak standar atau blombongan mengganggu ketertiban masyarakat, tingkat kebisingan tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik,” ucapnya.

Selain pelanggaran tematik tersebut, I Made Agus juga mengatakan, ada penindakan untuk jenis pelanggaran yang lainnya.

Seperti di Polresta Yogyakarta penindakan akan dilakukan bagi pengendara yang melanggar lampu merah.

Di Polres Sleman juga akan menindak pengendara yang melakukan pelanggaran rambu lalu lintas.

“Di Polres Bantul, penindakan juga akan menyasar setiap kendaraan yang membawa barang muatan melebihi batas yang diperbolehkan,” katanya.

Sementara untuk Polres di Gunung Kidul juga akan menindak setiap pelanggaran marka jalan.

“Untuk penindakan terhadap pelanggaran tambahan di Polres Kulonprogo yakni kelengkapan kendaraan bermotor,” tuturnya.

I Made Agus menambahkan, tujuan dari adanya penindakan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara.

Menurut dia, dengan bersikap disiplin akan terwujud ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas.

“Kemudian juga meningkatkan disiplin masyarakat dalam pelaksanaan protokol cegah Covid-19 pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sehingga meminimalisir penyebaran virus Corona,” kata Dirlantas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/23/140200515/jenis-pelanggaran-yang-diincar-polisi-selama-operasi-patuh-progo-2020

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.