Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Motor Lawas yang Bisa Jadi Investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti saat ini, kehadiran sepeda motor sebagai alat transportasi semakin cangih. Model dan desainnya pun semakin beragam.

Namun, hal tersebut tidak membuat motor produksi lawas kehilangan peminat. Pasalnya, bila meilihat pasar motor bebas beberapa waktu belakangan, tidak sedikit motor tahun ‘90an yang naik daun kembali seperti Yamaha RX-King atau NSR250R.

Populasi yang terbatas menjadi salah satu penyebab utama banyaknya kolektor item yang mencari motor lawas tersebut.

Berikut beberapa deretan motor produksi lawas yang masih punya harga tinggi yang sudah Kompas.com rangkum:

1. Honda Astrea Grand

Model yang diburu oleh konsumer otomotif mulai dari generasi awal. Berdasarkan situs jual beli motor bekas, motor ini ada yang dibanderol dengan harga Rp 15 juta.

2. Honda Win 100

Hal ini diungkap oleh pemilik toko Roda Gila 99, mengatakan, tren Win 100 saat ini ada dua gaya. Pertama untuk restorasi dan kedua untuk modifikasi.

“Untuk Honda Win 100 tahun 1984 yang sudah direstorasi dengan kondisi 90 persen harganya mencapai Rp 28 jutaan, sedangkan untuk yang sudah dimodifikasi bergaya semi trail ada dikisaran Rp 18 jutaan,” ujar Irfan kepada Kompas.com.

3. Yamaha TZM 150

Motor ini memiliki kisaran harga Rp 24 jutaan hingga Rp 40 jutaan, tergantung dengan kondisi nya.

4. Vespa PX-150

Begitu legendarisnya motor tersebut, pada ulang tahun Vespa ke-70 di Indonesia, PX hadir kembali dengan berbagai penyempurnaan. Berbalur warna biru muda telur asin, motor dihargai Rp 90 juta dengan jumlah yang terbatas.

Di pasar motor bekas, PX-150 memiliki kisaran harga Rp 10 juta sampai 15 jutaan, tergantung tingkat orisinalitas dan surat-surat jalannya.

5. Suzuki RGR 150

Motor ini sudah dibekali dengan teknologi Suzuki Intake Pulse Control (SIPC) dan Suzuki Super Scavenging System (SSS) yang bertugas mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin dan memberi asupan udara lebih banyak ketika mesin berada di rpm tinggi.

Motor ini dibanderol dengan harga yang cenderung stabil, yakni mulai dari Rp 12 juta sampai Rp 25 jutaan.

6. RX-King

Belum lama ini salah satu situs jual beli online ada yang menawarkan produksi 1983 - 2007 seharga Rp 100 juta. Kondisi motor disebut hampir baru atau New Old Stock (NOS).

Sementara RX-King lawas dengan kondisi seadanya atau hampir baru, ditawarkan mulai Rp 20 juta sampai Rp 50 jutaan.

7. Honda NSR250R

Motor ini berkembang mulai dari NS250R MC11 diproduksi dalam empat generasi, dan keempatnya menggunakan mesin berpendingin cairan 249 cc, 90 derajat V-twin.

Dipasar motor bekas, NSR250R amat langka bahkan menjadi salah satu kendaraan yang spesial atau collectible item.

Ganny Rahman, yang merupakan pecinta motor ini sejak duduk dibangku SMP mengatakan kisaran harga untuk Honda NSR250R bisa mencapai Rp 250 jutaan.

“Terakhir, ada yang jual motor seperti ini dengan keadaan bagus di kisaran Rp 250 juta. Tapi juga ada yang jual di angka Rp 300 jutan tergantung kondisi,” kata Ganny.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/22/185510015/deretan-motor-lawas-yang-bisa-jadi-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke