Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Murah Minum BBM Premium, Harus Lakukan Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara aturan, mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan minimal 92.

Tujuan utamanya agar perfoma mesin menjadi lebih optimal dan tidak mengalami masalah dalam jangka waktu panjang.

Perlu dipahami, bahwa mobil murah yang masih mengonsumsi BBM oktan rendah seperti Premium 88 dan Pertalite 90 akan mengalami masalah pada sistem pembakaran mesin.

Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, pembakaran pada mesin menjadi kurang maksimal dan jangka panjangnya bisa timbul kerak karbon yang lebih banyak, sehingga yang dirasakan mesin menjadi ngelitik (knocking) dan boros BBM.

Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa pada praktiknya masih banyak pemilik mobil murah yang tetap mengonsumsi BBM Premium dan Pertalite. Alasannya jelas karena harga BBM jenis tersebut lebih murah ketimbang Pertamax dan sejenisnya.

Lantas, bagi mereka yang masih nekat menggunakan BBM Premium dan Pertalite, menurut Sapta harus rutin melakukan perawatan berkala.

“Tujuannya agar perfoma kendaraan tetap terjaga. Pasalnya BBM tersebut punya efek yang kurang bagus buat mesin mobil,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com.

Melakukan servis secara rutin, bisa mencegah munculnya gejala-gejala negatif yang bakal dirasakan.

“Selain itu rutin melakukan servis juga bisa menjadi tindakan preventif atau pencegahan. Kita juga bisa melihat history kendaraannya sendiri,” katanya.

Selanjutnya, Sapta menyarankan untuk menggunakan suku cadang yang asli untuk memastikan kualitas komponennya. Dan sebisa mungkin mengganti BBM dengan jenis Pertamax.

“Pasalnya, meski harga premium lebih murah, tapi jika mobil sudah rusak maka biaya yang dikeluarkan akan merogoh kocek dalam,” ucap Sapta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/20/200100515/mobil-murah-minum-bbm-premium-harus-lakukan-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke