Salin Artikel

Ini Penyebab Knalpot Mobil Berasap Saat Pagi Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan risau jika ada asap yang keluar dari knalpot saat menyalakan mobil terutama di pagi hari. Asap tersebut biasanya tidak tebal dan berlangsung lama, serta akan hilang sendirinya.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Anjar Rosjadi, mengatakan, asap tipis di pagi hari tidak mengindikasikan adanya kerusakan komponen. Hal itu normal dan tidak perlu dirisaukan.

"Keluarnya asap tipis dari knalpot terjadi karena adanya proses kondensasi. Itu air kondensasi yang ada di knalpot, terus terkena panas knalpot ketika kendaraan dinyalakan pagi hari. Sehingga keluarlah asap tersebut," kata Anjar kepada Kompas.com, belum lama ini.

Anjar mengatakan, keluarnya asap di pagi hari adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Berbeda jika jika asap keluar terus-menerus barulah perlu dilakukan pengecekan. Hal ini untuk memastikan kondisi komponen mobil.

“Kalau hanya di pagi hari saja kemudian hilang itu tidak berbahaya, tapi kalau asapnya keluar terus-menerus maka perlu dilakukan pengecekan ke bengkel,” ucapnya.

Sebab jika terus mengeluarkan asap pastilah ada yang tidak beres dengan komponen mobil. Bisa jadi terjadi kerusakan atau keausan pada sil atau juga terjadi pembakaran yang terlalu gemuk.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/20/071200115/ini-penyebab-knalpot-mobil-berasap-saat-pagi-hari

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.