Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Memiliki 3 Wiper Depan, Satu Lagi untuk Kaca Atas

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren bus saat ini yaitu menggunakan model double glass atau kaca ganda. Awalnya, tampilan kaca ganda digunakan pada bus double decker atau tingkat, namun saat ini juga digunakan pada bus single deck.

Tampilan seperti ini di bus dek tunggal membuat kesan gagah dan mewah seperti saudaranya yang memang tingkat. Adanya dua kaca pada bagian depan bus juga tidak terlepas dari pemasangan wiper pada kaca atas.

Tambahan wiper ini membuat jumlahnya menjadi tiga, sepasang di bagian bawah dan satu di atas. Fungsinya juga sama, yaitu sebagai penyapu air saat bus berjalan ketika kondisi hujan.

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, adanya wiper di kaca atas perlu untuk dipasang, agar penumpang bisa melihat dengan jelas ke arah depan.

“Kita dari karoseri pasti memasang wiper pada kaca atas, fungsinya juga kan buat pemandangan penumpang. Kecuali memang dari pemesan bodi minta untuk tidak dipasang,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Berbeda dengan Tentrem, karoseri asal Ungaran, Laksana memilih untuk tidak lagi memasang wiper untuk kaca bagian atas, kecuali untuk varian double decker. Adanya wiper di kaca atas dirasa kurang efektif dan rawan bocor.

“Kacanya kan kecil dan pemasangan wipernya di atas kaca. Jadi tidak bisa pakai wiper dengan ukuran yang besar juga, sehingga sapuan kotorannya terbatas radiusnya,” ucap Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto kepada Kompas.com.

Werry juga mengatakan, untuk model double decker, motor penggerak wiper bisa dipasang di antara dek atas dan bawah. Kalau mau pakai model ganda di kaca atas juga akan memakan tempat cukup besar dan bobotnya berat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/19/164100715/bus-memiliki-3-wiper-depan-satu-lagi-untuk-kaca-atas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke