Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Estimasi Biaya Bikin Motor Berpenampilan Seperti Ninja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncurnya Kawasaki Ninja ZX-25R beberapa waktu lalu, membuat para pecinta otomotif berlomba untuk bisa meminangnya.

Motor ini sudah dibekali fitur-fitur yang sangat menunjang perfomanya, tidak hanya untuk dipakai di jalan raya, tetapi juga di sirkuit. Tidak heran jika motor ini laris manis di pasaran, bahkan 200 unit yang disediakan sudah habis terjual.

Terkait hal ini, tidak sedikit para pecinta motor pabrikan Jepang ini yang berinisiatif untuk mengubah tampilan motor mereka menjadi layaknya Ninja ZX-25R.

Owner Dj Custom, Deddy Dermawanto, mengatakan, sejak ZX-25R diluncurkan di pasaran tidak sedikit penikmat otomotif yang menginginkan tampilan kendaraannya diubah seperti ZX-25R.

“Bahkan dari mau launching sudah banyak yang permintaan untuk bodi ZX-25R,” ujar Deddy saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Deddy melanjutkan, pada dasarnya modifikasi tersebut bisa saja dilakukan dan diterapkan untuk semua jenis motor tetapi membutuhkan anggaran dana yang cukup mahal, paling minim Rp 10 jutaan.

“Terutama jika motor yang digunakan bukan dari segmen sport fairing, seperti misalnya Honda Tiger, pasti akan lumayan habisnya. Karena tidak hanya sekedar ganti bodi, tetapi juga kaki-kakinya,” katanya.

Sedangkan untuk waktu pengerjaan, Deddy mengatakan, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mengubah tampilan motor menjadi ZX-25R.

“Sebab harus presisi, sambungan antara tangki ke fairing, dari faring ke bodi belakang, penyesuaian rangka, instalasi lampu. Kemudian di area bawah, blok mesin, swing arm,” ucap Deddy.

Deddy mengibaratkan modifikasi tersebut ibarat membuat membeli sebuah baju, jika diproduksi secara masal otomatis akan lebih cepat dan lebih murah.

“Sementara kalau kita menginginkan baju dengan cara menjahit yang sesuai dengan kemauan kita, pasti kan prosesnya lebih lama dan estimasi anggaran dananya lebih banyak juga,” kata Deddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/19/132200115/estimasi-biaya-bikin-motor-berpenampilan-seperti-ninja-zx-25r

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke