Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna di Balik Nama Maung Pindad yang Pernah Dijajal Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) membeberkan arti nama Maung yang menjadi kendaraan taktis (rantis) terbarunya. Ternyata julukan Maung pada mobil berpenggerak roda 4x4 ini diberikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menjelaskan, setelah selesai, prototipe dari rantis ringannya tersebut belum memiliki nama. Lalu, dia meminta Prabowo untuk memberikan sebutan atau nama pada kendaraan barunya tersebut.

"Ya awalnya saat jadi (prototipe) itu kami tak memikirkan nama, lalu setelah itu kami minta ke Menhan untuk memberikan namanya. Beliau mikir-mikir, akhirnya tercetus Maung," ucap Abraham saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Salah satu alasan dinamakan Maung lantaran beberapa nama yang khas Indonesia memang sudah ada, seperti Komodo dan Harimau. Pertimbangan ini juga tak lepas mengingat bahwa proses peroduksinya dilakukan di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Abraham, nama Maung sendiri mewakili dari kemampuan yang dimiliki oleh rantis bersasis dan mesin Hilux tersebut.

Karakternya yang lincah untuk bermanuver dan ampuh di medan offroad membuat Maung dapat diandalkan untuk kendaraan tempur jarak dekat.

"Maung kan itu harimau, jadi ya sesuai dengan karakter kendaraan ini juga. Lagian Maung juga khas banget dengan Jawa Barat dan menggambarkan kemampuannya untuk penyerbuan jarak dekat," ucap Abraham.

Dibekali dengan mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV, Maung memiliki tenaga 149 tk dan torsi badak sebesar 400 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak empat roda melalui sistem transmisi enam percepatan manual.

Maung dirancang sebagai rantis ringan yang dilengkapi dengan dudukan penyangga untuk peralatan tempur, seperti kaliber 7,62 mm serta konsol senapan serbu 552-V4.

Tak hanya itu, pintu-pintu mobil tersebut pun bisa dilepas pasang dengan mudah untuk menyesuaikan kebutuhan.

Proyek Maung mulai digarap sejak 2018 setelah Pindad melakukan diskusi dengan Danpussenif yang meminta sebuah kendaraan taktis ringan guna kebutuhan perang jarang dekat.

Proses produksinya diklaim akan melibatkan industri dalam negeri yang dijadwalkan mulai bergulir pada Oktober mendatang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/18/130200015/makna-di-balik-nama-maung-pindad-yang-pernah-dijajal-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke