Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Jadi Sasaran, Begini Cara Pakai Tas Aman buat Pemotor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara sepeda motor, memakai tas bisa memudahkan pengendara dalam membawa barang. Namun, tak jarang tas tersebut menjadi incaran para pelaku kejahatan.

Rudy Novianto, Defensive Driving Trainer Sentul Driving Center, mengatakan, ada beberapa cara penggunaan tas bagi pemotor yang aman.

"Ini perlu diperhatikan sebab sepeda motor itu kendaraan yang mudah berubah arah, titik berat, keseimbangan dan sebagainya. Jadi perlu diperhatikan barang-barang bawaan pengendara," ujar Rudy kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Rudy menambahkan, tas selempang yang ukurannya tidak besar dapat ditaruh di bagasi motor di bawah jok. Di beberapa tipe motor modern, bagasi ini cukup luas untuk menyimpan tas, jas hujan, dan kunci-kunci peralatan motor.

"Tas punggung atau backpack juga perlu perhatian. Perhatikan tali-temali yang ada di tas agar tidak menyangkut ke kendaraan lain di jalan," kata Rudy.

Untuk perempuan, banyak yang menggunakan tas model tote bag. Tas seperti ini memiliki kecenderungan mudah jatuh dari pundak. Tentunya akan mengganggu konsentrasi pengendara karena terus membenarkan posisi tas.

"Nah, ini bisa membuat motor berubah arah lalu mengakibatkan kecelakaan. Jadi perlu diperhatikan," ujar Rudy.

Menurut Rudy, sebaiknya pengendara menggunakan bagasi motor dengan maksimal agar hal-hal yang mengganggu atau menyebabkan kecelakaan dapat diminimalisasi. Penyimpanan tas juga menyebabkan terhindar dari tindak kriminal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/18/090200915/waspada-jadi-sasaran-begini-cara-pakai-tas-aman-buat-pemotor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke