Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atur Posisi Berkendara yang Nyaman Saat Naik Motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Membawa sepeda motor sehari-hari menjadi pilihan bagi orang dalam melakukan aktivitasnya. Bentuknya yang ringkas membuat motor menjadi kendaraan yang cepat, apalagi saat kondisi jalan ramai.

Berkendara motor juga memerlukan posisi atau postur yang baik. Mengatur postur yang baik bisa meningkatkan kualitas berkendara, sehingga tidak mudah kelelahan dan nyaman.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko akan memberikan bagaimana posisi berkendara yang disarankan agar nyaman dan tidak mudah kelelahan.

“Pertama, posisi kaki ketika berkendara tergantung dari model motor yang digunakan. Untuk motor sport, lutut mengapit tangki, sedangkan motor bebek dan skutik, pangkal paha mengapit jok,” kata Setyo kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Setyo juga mengingatkan agar kaki menghadap ke depan dan tidak stand by di pedal rem untuk motor bebek atau sport. Kaki yang stand by di pedal rem malah membuat rampu rem menyala karena sedikit terinjak.

“Kemudian posisi duduk disarankan berada di tengah jok, supaya keseimbangan lebih terjaga,” ucap Setyo.

Posisi tubuh juga disesuaikan ketika ingin berakselerasi maupun mengurangi kecepatan. Ketika akselerasi, disarankan badan sedikit membungkuk ke depan untuk menghindari rasa dorongan ke belakang.

“Sedangkan posisi saat mengerem, disarankan badan tegak untuk menghindari rasa terdorong atau terperosot ke depan,” kata dia.

Oleh karena itu, posisi badan juga harus rileks. Untuk posisi tangan, Setyo menyarankan seperti memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah untuk bermanuver.

“Ingat juga agar jari tidak stand by di tuas rem atau kopling, kecuali pada keadaan tertentu. Misalnya di jalan yang macet atau sangat padat,” ucapnya.

Terakhir yaitu kepala disarankan melihat dengan luas. Kemudian juga harus melihat ke arah tujuan selanjutnya saat berbelok.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/15/193100115/atur-posisi-berkendara-yang-nyaman-saat-naik-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke