Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurangi Penyebaran Virus Corona Pakai Sekat Partisi di Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa new normal atau kewajaran baru, sejumlah transportasi umum berbasis non massal, seperti taksi online sudah kembali beroperasi. Meski diberi kelonggaran, pihak penyedia layanan tersebut wajib menerapkan protokol kesehatan yang lengkap.

Selain membatasi jumlah penumpang dan melakukan pengecekan suhu tubuh, tak sedikit perusahaan atau asosiasi taksi online menyediakan sekat partisi untuk membatasi driver dan penumpang.

Cara ini ternyata efektif mengurangi penyebaran virus corona di dalam interior mobil. Apalagi sirkulasi udara di dalam mobil tertutup rapat seperti halnya sebuah ruangan.

Artinya, tak hanya buat taksi online, mobil pribadi pun bisa memanfaatkan fitur tambahan ini. Terlebih sejumlah bengkel modifikasi menyediakan ekat partisi beragam jenis yang bisa disesuaikan dengan kantung Anda.

Dr Andi Khomeini, Chairman Junior Doctors Network Indonesia, mengatakan, sekat partisi bisa mengurangi risiko penularan virus corona di mobil.

Walau demikian, driver dan penumpang di dalamnya tetap harus menggunakan masker atau face shield sebagai pelindung tambahan.

“Di taksi online juga mereka gunakan partisi atau penghalang antara driver dan penumpang,” ucap pria yang disapa Koko, dalam konferensi virtual belum lama ini.

“Jadi sudah ada upaya seperti itu, sehingga potensi penularan menjadi jauh lebih rendah,” kata dokter spesiali penyakit dalam ini.

Menurut Koko, sekat partisi efektif untuk menghalau paparan virus. Sebab droplet orang yang terjangkit Covid-19 bisa bertahan dan melayang di udara selama 15 menit. Sekat partisi ini menyekat droplet tersebut, sehingga tidak terhirup oleh salah satu orang yang sehat.

“Ini bisa mencegah risiko penularan, kita enggak bilang risiko penularan nol ya. Tapi makin turun dengan semua protokol yang digunakan driver maupun usernya,” ujar Koko.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/13/154200015/kurangi-penyebaran-virus-corona-pakai-sekat-partisi-di-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke