Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Inovasi, Menhub Apresiasi Transportasi Daring

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar bisa kembali beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan, aplikator transportasi online mulai berinovasi untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan serta mencegah penularanan Covid-19.

Mulai dari memberikan sekat pemisah, menggunakan masker, mendisinfeksi kendaran, bahkan sampai menyediakan hand sanitizer bagi pelanggang. Belum lagi dengan adanya transaksi non-tunai yang bisa memudahkan dan menekan kontak fisik.

Inovasi-inovasi yang diterapkan oleh dua aplikator besar di Indonesia tersebut pun mendapat perhatian khusus dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, lantaran bisa beradaptasi dengan keadaan sehingga layanannya bisa tetap beroperasi.

"Saya apresiasi berbagai inovasi yang dilakukan aplikator dan para mitra pengemudi yang bisa memberikan kesempatan bagi para mitra untuk tetap bekerja, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Budi dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sabtu (11/7/2020).

Namun demikian, Budi juga mengingatkan pihak aplikator untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas shelter bagi pegemudi untuk menunggu penumpang.

Hal ini agar dari segi aspek kesehatan dan keamanan untuk penumpang maupun pengemudi akan makin terjamin.

Selain itu, Budi juga mendorong agar aplikator memfasilitasi dan bisa memberikan hak yang sama dalam berkeja bagi mitra yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas) agar tetap bekerja di tengah pandemi.

"Buatlah shelter yang bagus, jadi para pengemudi bisa menunggu di tempat yang baik. Kami dan pemda akan memfasilitasi tempatnya," ucap Budi.

"Dengan inovasi yang dilakukan ini, kita memberikan confidence kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan ini sehat dan aman, sehungga masyarakat semakin yakin menggunakan jasa layanannya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/12/130100615/punya-inovasi-menhub-apresiasi-transportasi-daring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke