Salin Artikel

Bukan Cuma Mobil, Bus Juga Punya Fitur Retracable Mirror

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur spion yang bisa menekuk dengan memencet tombol atau elektrik biasanya terdapat pada mobil pribadi. Namun, bodi bus New Patriot dari Karoseri Morodadi Prima juga memiliki fitur tersebut.

Spion bus pada umumnya bisa dilipat ke dalam, namun dilakukan dengan manual. Baru-baru ini, perusahaan otobus (PO) ANS merilis kendaraan niaga dengan fitur spion lipat elektrik. Tentunya fitur ini menjadi keunikan tersendiri bagi bus tersebut.

Spion bus New Patriot ini melipat ke arah dalam sehingga mencegah spion patah saat mengenai objek lain. Bisa diperhatikan kalau spion bus memiliki dimensi yang besar dan juga lebar, rawan patah jika mengenai objek lainnya.

Kelihatannya untuk saat ini, baru bus New Patriot dari Karoseri Morodadi Prima saja yang memiliki fitur spion melipat otomatis. Namun jika ada pembeli yang menginginkan fitur tersebut ada di busnya, bisa meminta ke karoseri.

“Kalau di Tentrem memang belum ada, tapi kalau ada permintaan dari costumer, bisa dicarikan. Fitur tersebut biasanya tergantung dari mounting spionnya,” ucap Dimas Raditya, Sales Staff dari Karoseri Tentrem kepada Kompas.com, Jumat (3/7/2020).

Secara umum, spion bus terbagi menjadi dua bagian pada sisi kanan dan kiri. Jadi kalau ditotal, jumlah spion yang ada di kanan dan kiri sebanyak 4 cermin dengan tingkat kecembungan yang berbeda.

Sama seperti di kendaraan pribadi, pengaturan arah cermin spion bisa diatur secara otomatis dari kabin pengemudi. Namun kebanyakan PO meminta agar pengaturannya manual saja, untuk menghemat budget.

“Atur arah kacanya bisa elektris, namun enggak banyak yang minat. Lebih memilih setelan yang manual karena lebih murah,” ucap Export Manager Karoseri Laksana kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/100200215/bukan-cuma-mobil-bus-juga-punya-fitur-retracable-mirror

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.