Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia Harus Rampung Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan bahwa persiapan pembangunan pabrik baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia masih terus berjalan walau dihadang pandemi virus corona alias Covid-19.

Bahkan, sebagaimana dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, proyek tersebut diproyeksi bisa rampung pada akhir tahun ini atau awal 2021.

“Untuk cell battery, akhir tahun ini atau awal tahun depan ini juga akan sudah ada industri yang menghasilkan baterai,” katanya dalam diskusi virtual, Rabu (1/7/2020).

Jika perencanaan sesuai dengan target, lanjut Putu, tak ditampik bahwa Indonesia mampu menjadi pemain atau produsen besar kendaraan listrik berbasis baterai (KBL) di dunia.

"Ini sejalan dengan berbagai keunggulan yang kita miliki, mulai dari biaya tenaga kerja dan energi lebih murah, bahan baku baterai (nikel dan kobalt) melimpah, dan lainnya sehingga amat kompetitif," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini sedang memacu pengembangan pembangkit bersumber energi air dan angin di berbagai wilayah di Indonesia.

“Pengembangan pembangkit listrik tersebut dapat dijadikan sarana untuk meyakinkan dunia internasional bahwa Indonesia mampu menjadi basis produksi KBL yang didukung sumber energi yang ramah lingkungan,” kata Putu lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/03/155100415/pabrik-baterai-kendaraan-listrik-di-indonesia-harus-rampung-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke