Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen pada kendaraan roda empat pastilah mempunyai batas usia pemakaiannya masing-masing.

Tak terkecuali dengan masa pakai kaca film mobil. Aksesori penghalau sinar matahari langsung ini juga mempunyai batas usia yang terbatas atau bisa kedaluwarsa.

Akan tetapi masa kedaluwarsa kaca film pada mobil tidak setahun atau dua tahun, tetapi bisa lebih dari empat tahun.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh CEO Masterpiece Window Film Christopher Sebastian saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Lebih jauh Christopher mengatakan, saat kaca film masuk masa kedaluwarsa maka akan terlihat sejumlah tanda-tanda pada kondisi fisik pelapis kaca tersebut.

“Biasanya masa kedaluwarsa kaca film itu sama dengan masa garansi kaca film tersebut dan biasanya kalau sudah kedaluwarsa juga bisa dilihat kondisinya,” ujarnya.

Tanda kaca film kedaluwarsa, menurut Christopher di antaranya seperti warna yang sudah mulai pudar atau sudah tidak seperti saat pertama kali dipasang.

“Selain itu juga ada gelembung pada bagiannya karena lem yang sudah tidak merekat dengan sempurna lagi,” katanya.

Kemudian, tanda kedaluwarsa lainnya adalah pelapis kaca mobil tersebut tidak lagi bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

“Daya atau kemampuan untuk menahan panas sudah jauh berkurang,” tuturnya.

Christopher menambahkan, biasanya batas usia sebuah kaca film mobil antara empat sampai lima tahun pemakaian. Tetapi, tidak jarang pula ada yang bisa lebih lama dari waktu tersebut.

Menurutnya, perawatan serta lokasi parkir yang aman dari sinar matahari langsung juga bisa menjadi salah satu faktor penentu usia pemakaian kaca film.

“Kalau untuk usianya bisa sampai lebih dari 5 tahun. Dan untuk penempatan mobil sebaiknya mencari tempat yang teduh jangan di bawah terik matahari langsung,” ucapnya.

Sedangkan untuk perawatan kaca film, Christopher mengatakan, bahwa tidak ada perawatan khusus.

Menjaga film pelapis kaca mobil juga dengan membersihkannya saat kondisinya kotor. Dan pembersihan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan air biasa tanpa campuran cairan khusus.

“Cukup dengan dibersihkan menggunakan air biasa saja dan lap yang digunakan juga menggunakan jenis microfiber,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/01/101200215/kaca-film-mobil-bisa-kedaluwarsa-mitos-atau-fakta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke