Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkat Kegelapan Kaca Film Bisa Ganggu Sinyal Ponsel, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik mobil memiliki pilihan tersendiri dalam menentukan tingkat kegelapan kaca film untuk kendaraannya.

Ada yang memilih menggunakan kaca film yang transparan, tetapi tidak sedikit pula yang memilih tingkat kegelapan lebih tinggi dengan berbagai pertimbangan.

Tetapi, ada yang beranggapan bahwa tingkat kegelapan pada kaca film bisa berpengaruh terhadap sinyal ponsel.

Lalu benarkan, kaca film mobil yang terlalu gelap bisa membuat sinyal handphone hilang atau terganggu?

Menanggapi hal itu, Martin dari salah satu diler Authorized 3M, menjelaskan bahwa tingkat kegelapan kaca film tidaklah berpengaruh pada sinyal ponsel. Kata dia, yang bisa mempengaruhi sinyal adalah bahan yang digunakan pada kaca film tersebut.

“Yang mempengaruhi sinyal itu bukan karena tingkat kegelapan kaca film, tetapi bahan dasar yang digunakannya,” ujar Martin kepada Kompas.com belum lama ini.

Martin menambahkan, setidaknya ada tiga jenis bahan dasar yang selama ini dipakai untuk membuat kaca film.

“Kaca film itu biasanya ada tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Nah, yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal," tuturnya.

Martin juga mengatakan, biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan bisa menghambat sinyal ponsel.

Pada kesempatan berbeda, CEO Makko Group Christopher Sebastian mengatakan hal yang sama. Bahwasanya, tingkat kegelapan kaca film tidak akan berpengaruh pada sinyal ponsel.

“Faktanya sinyal HP itu terpengaruh dari bahan kaca film, bukan dari tingkat kegelapan kaca film. Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” katanya.

Christopher menyarankan, saat memasang kaca film pada mobil sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen.

Hal ini bertujuan agar kaca film yang dipasang tersebut tidak sinyal ponsel maupun radio.

Christopher juga mengatakan, beberapa produk kaca film untuk kendaraan, seperti Masterpiece, First Class, Blacklist, O2, dan Signature bisa menahan sinar UV tanpa harus mengorbankan sinyal ponsel atau radio.

Karena bahan dasar yang digunakannya bukanlah dari logam sehingga sinyal ponsel maupun radio tidak akan terpengaruh.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/30/111200115/tingkat-kegelapan-kaca-film-bisa-ganggu-sinyal-ponsel-mitos-atau-fakta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke