Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda Fasilitas Bus Suites Class dengan Sleeper Seat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang ada di Indonesia saat ini semakin beragam modelnya. Beberapa perusahaan otobus (PO) juga saling berlomba untuk memberikan pelayanan bus yang terbaik.

Saat ini sudah tersedia bus dengan kelas paling tinggi yaitu suites class dan sleeper seat. Untuk kelas sleeper seat, bisa ditemui pada PO Harapan Jaya, sedangkan suites class dimiliki oleh PO Sumber Jaya.

Persamaan dari keduanya yaitu memiliki kursi yang bisa direbahkan 150 derajat. Kursi ini terasa nyaman, mirip seperti rebahan. Namun, dari kesamaan tersebut, ada perbedaan diantara dua model kelas bus.

Bus suites class hanya terdiri dari kursi rebah, sedangkan sleeper seat biasanya tergabung dengan kelas bus yang lebih rendah. Bodi bus yang digunakan juga berbeda, untuk suites class memakai bodi yang lebih rendah, sedangkan sleeper seat menggunakan bus tingkat yang lebih tinggi.

"Suites class ini basisnya menggunakan Legacy HD Prime yang tidak terlalu tinggi, lalu ada ubahan pada bagian interior yang lantainya dibuat lebih rendah. Hal itu menyebabkan tinggi dalam kabin kurang dari dua meter dan akses saat di dalam jadi lebih mudah," kata Danang, Staf Marketing Karoseri Laksana kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Perbedaan selanjutnya, bus suites class biasanya dibuat khusus hanya untuk 21 penumpang dengan kursi rebah. Sedangkan sleeper seat menggunakan bus tingkat dan hanya terdiri dari 2 kursi rebah, sisanya merupakan kelas dibawahnya dengan kursi biasa.

Perbedaan selanjutnya yaitu pada sistem hiburan yang dimiliki kedua model bus tersebut. Kelas sleeper seat memiliki layar sendiri di ruangannya, hanya saja tampilannya mengikuti apa yang dipasang oleh pengemudi. Jadi penumpang tidak bisa memilih ingin melihat apa.

Sedangkan suites class menggunakan Audio Video On Demand (AVOD) yang ada di setiap kursinya. AVOD bisa disesuaikan dengan keinginan dari penumpang, modelnya sama seperti sistem hiburan yang ada di pesawat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/29/094200715/beda-fasilitas-bus-suites-class-dengan-sleeper-seat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke