Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Lampu Sein Kendaraan Berwarna Kuning

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik mobil ataupun sepeda motor dibekali dengan lampu sein berwarna kuning. Pilihan lampu amber light ini bukan tanpa alasan, tapi mempertimbangkan keselamatan.

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu, mengatakan, lampu warna kuning merupakan sinyal internasional terhadap lampu peringatan atau warning sign.

"Pertama, sinar warna kuning ini sudah menjadi bahasa untuk warning sign, kedua warna amber dalam jarak dekat bisa menembus segala kondisi termasuk kabut dan hujan, sehingga masih bisa dilihat oleh orang lain," kata Jusri kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020)

Selain karena bisa menembus kabut atau hujan, Jusri mengatakan, pilihan lampu kuning untuk sein karena di kondisi dekat orang mudah tersadar adanya peringatan jika melihat lampu kuning berkedip.

"Lampu-lampu pada sepeda motor itu adalah indikator, kalau misalkan sein jadi putih orang tidak lihat, jika terhalang kabut bisa ditubruk orang. Amber adalah warna yang bisa menembus segala kondisi," katanya.

Lampu sein berwarna kuning juga dikuatkan oleh pemerintah melaluiPP 55 Tahun 2012 yang mengacu pada Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 3 tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya.

Dalam peraturan itu disebutkan mengenai beberapa warna lampu yang diperbolehkan dalam suatu kendaraan, termasuk di antaranya bahwa lampu sein harus berwarna kuning dan berkedip.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/26/170100815/ini-alasan-lampu-sein-kendaraan-berwarna-kuning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke