Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Salah Satu Fungsi Nyalakan Lampu Motor di Siang Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia termasuk salah satu negara yang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu di siang hari. Diklaim hal ini dapat menurunkan risiko kecelakaan di jalan pada siang hari.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, menyalakan lampu di siang hari punya beberapa manfaat, salah satunya yakni lebih terlihat kendaraan besar seperti bus dan truk.

"Fungsi lampu menyala yaitu dapat lebih meningkatkan kewaspadaan pengendara lain terutama kendaraan besar jika melihat dari kaca spion, karena pantulan dari lampu akan meningkatkan refleks mata pengendara lain menjadi lebih waspada," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Selain di Indonesia, beberapa negara lain juga menerapkan aturan menyalakan lampu motor di siang hari. Aturan tersebut atau dalam hal ini pemakaian daytime running light (DRL) di siang hari sudah diterapkan di Eropa sejak 2011.

Selain di Eropa, aturan ini juga diterapkan di Amerika Serikat. Termasuk juga di Australia, dan kemudian menyebar ke negara-negara lain seperti Asia, salah satunya Indonesia.

"Jika menyalakan lampu pengendara lain menjadi lebih waspada dan mudah melihat kendaraan lainnya dalam berkendara, sehingga kita (pengendara) menjadi lebih aman," katanya.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Minesota Departemen of Transport AS, motor tanpa DRL punya risiko 73 persen kecelakaan lebih besar dan 48 persen kematian lebih tinggi ketimbang yang pakai DRL.

Berdasarkan evaluasi Institut Nasional Perancis dalam penelitian transportasi dan keselamatan, kecelakaan fatal pemotor yang memakai DRL pun turun 58 persen ketimbang yang tidak memakai DRL.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/26/141100315/salah-satu-fungsi-nyalakan-lampu-motor-di-siang-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke