Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganjil Genap Jakarta Tinggal Tunggu Tanggal Main

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kembali memberlakukan aturan ganjil genap belum terealisasi.

Statusnya dikabarkan masih dalam tahapan evaluasi sambil menunggu keputusan dari Gubernur DKI Anies Baswedan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ada beberapa tahapan evaluasi untuk kembali menjalankan ganjil genap di Jakarta di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Sejauh ini masih evaluasi dan belum ada perubahan. Satu minggu pertama PSBB transisi kami sudah lakukan kajian dan evaluasi, sekarang ke tahapan yang lebih mendetail lagi tapi memang belum ada keputusannya," ucap Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

Meski demikian, Syafrin menjelaskan bukan berarti aturan ganjil genap akan selamanya dicabut. Karena sejauh ini Dishub bersama jajaran Pemprov, termasuk dengan kepolisian masih terus melakukan pantauan terhadap kondisi lalu lintas.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah melihat kurva perkembangan kasus Covid-19 sendiri. Sejauh ini kondisi di Jakarta diklaim relatif mengalami penurunan kasus, tapi hal ini belum menjadi jaminan sepenuhnya bisa kembali normal.

"Jadi menang harus disadarai betul, ada risiko-risiko yang kemungkinan bisa berkembang. Untuk perkembanaan Jakarta saat ini sudah membaik, tapi kita tetap harus waspada juga, karena itu masih ada pembatasan-pembatasan," ujar Syafrin.

"Contoh mobil pribadi kalau bukan keluarga juga dibatasi penumpangnya 50 persen, begitu juga pada transportasi umum. Jadi memang ada kemungkinan kendaraan pribadi ramai karena pembatasan, tapi secara kondisi masih normal," kata dia.

Terkait masalah situasi lalu lintas yang diklaim sebagian orang makin hari makin padat kembali, menurut Syafrin hal tersebut juga tidak terjadi setiap waktu. Melainkan hanya pada jam-jam sibuk dan masih dalam perhitungan normal.

Ketika ditanya lebih lanjut soal kepastian ganjil genap kapan bakal diterapkan, dan apakah mungkin pada bulan ini, Syafrin kembali memastikan bila ganjil genap akan diterapkan lagi bila sudah ada keputusan dari Gubernur.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/25/070200415/ganjil-genap-jakarta-tinggal-tunggu-tanggal-main

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke