Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Pakai Mobil Usai Lama Diparkir

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik kendaraan yang ingin menggunakan mobilnya kembali usai diparkir dalam waktu lama, patut memperhatikan berbagai hal supaya menghindari potensi masalah yang tak diinginkan.

Section Head Technical Service 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Imam Suyudi mengatakan, saat mobil lama tidak digunakan, maka beberapa komponen akan mengalami penyusutan fungsi seperti ban, rem, hingga kelistrikan.

"Jadi perlu diperhatikan kembali. Sebagaimana kita ketahui, saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dua bulan lebih kemarin, banyak kendaraan yang hanya terparkir di garasi," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Secara detail, hal pertama yang harus diperiksa menurut Imam adalah kondisi ban yang berisiko tinggi mengalami flat tire.

Flat tire adalah keadaan dimana ban kehilangan volumenya sehingga menjadi kempis. “Pastikan seluruh ban memiliki tekanan angin yang cukup dan sesuai standar sehingga aman selama berkendara,” ujarnya.

Berikut beberapa kiat merawat ban saat terparkir dalam jangka waktu yang cukup lama:

- Periksa dan tambahkan tekanan angin 10-20 persen dari spesifikasi tekanan angin ban.

- Jika kendaraan akan digunakan kembali, ubah tekanan angin sesuai spesifikasi.

- Pastikan tidak ada benda keras/kerikil yang menempel pada kembang ban.

- Rutin mendorong/memindahkan kendaraan beberapa senti untuk menghindari ban bertumpu pada satu titik (flat spot). Jika tidak memungkinkan untuk didorong, dongkrak keempat roda dan tahan menggunakan Jackstand.

- Usahakan jangan terkena sinar matahari langsung dan gunakan semir ban untuk mencegah adanya guratan pada ban (ozon crack).

"Selain itu, cek juga kondisi rem. Biasanya, ketika mobil diparkir dalam waktu yang lama maka rem tangan jadi lengket sehingga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara," ujar Imam.

Hal tersebut terjadi karena ada genangan air atau mencuci mobil pada posisi rem tangan aktif, kemudian kendaraan diparkir dalam kondisi kampas rem basah.

Untuk menghindari hal ini, maka pastikan keempat roda atau sistem rem kering sebelum kendaraan diparkir dalam jangka waktu yang lama. Lalu, gunakan penahan roda atau bantalan ban.

Kemudian, posisi rem juga jangan diaktifkan atau menarik. Kalau memang sudah terlanjur, bawa mobil keliling komplek lebih dahulu sebelum digunakan kembali untuk merasakan kinerja rem.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/17/152200415/perhatikan-hal-hal-ini-sebelum-pakai-mobil-usai-lama-diparkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke