Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tambah Jam Operasional, Kepadatan Transjakarta Diklaim Turun 80 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi sejak 5 Juni lalu sampai akhir Juni 2020.

Selama masa PSBB transisi, sejumlah angkutan umum massal dan non massal telah diziinkan beroperasi lebih leluasa.

Seperti salah satunya bus Transjakarta, yang sebelumnya dibatasi hanya dari pukul 06.00 – 18.00 WIB, kini ditambah menjadi pukul 05.00 – 22.00 WIB di seluruh koridor utama, dan hingga pukul 24.00 WIB untuk petugas kesehatan.

Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekertaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, mengatakan, pihaknya melayani rata-rata 127.306 pelanggan per hari di 13 koridor dengan pembatasan waktu operasional selama masa PSBB.

“Setelah pemberlakuan masa PSBB transisi, rata-rata jumlah pelanggan Transjakarta naik 22 persen per hari dengan waktu operasional yang masih dibatasi,” ujar Nadia, dalam keterangan tertulis (11/6/2020).

Meski jumlah penumpang mengalami kenaikan, Nadia mengatakan, kepadatan penumpang di halte Transjakarta justru berkurang signifikan.

“Waktu urai berhasil diturunkan dari 25-30 menit pada awal PSBB transisi, dimulai hingga kurang dari 5 menit (waktu urai) mulai hari ketiga, atau penurunan kepadatan dan penumpukan pelanggan hingga 80 persen,” katanya.

Untuk memastikan layanan Transjakarta tetap aman bagi seluruh penumpang, Nadia mengimbau para penumpang untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Seperti dengan selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan setelah turun dari bus, menjaga jarak aman antar penumpang.

Ia juga menambahkan, penumpang lebih baik antredi ruangan terbuka di luar halte, ketimbang harus berdesakan di dalam bus.

Penumpang juga diimbau tidak berbicara melalui telepon atau dengan sesama penumpang, menerapkan etika batuk dan bersin, dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, serta tidak membawa barang bawaan melebihi aturan yang berlaku.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/12/074200615/tambah-jam-operasional-kepadatan-transjakarta-diklaim-turun-80-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke