Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modus Kejahatan Teriak Ban Kempis, Begini Cara Hadapinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan yang terjadi di jalan raya dengan modus berpura-pura memberi tahu ban kempis sudah lama terjadi, namun masih saja banyak korban yang diperdaya.

Seperti kejadian yang baru saja menimpa pengemudi wanita di daerah Jakarta Timur belum lama ini. Video berdurasi dua menit yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia, menunjukan detik-detik pengemudi mobil menjadi korban modus pencurian ban kempis.

Sambil menunjuk ke arah bawah, komplotan pelaku pencurian memberitahu pengemudi seolah-olah ban mobil yang dikendarainya kempis.

Pelaku pencurian tersebut tidak hanya terdiri dari satu orang, tetapi ada beberapa pemotor lain yang juga memberitahukan hal yang sama.

Ketika pengemudi mobil lengah, saat itulah dimanfaatkan oleh pelaku pencurian untuk beraksi.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, kejahatan modus lama ini seharusnya bisa dihindari oleh para pengemudi mobil.

“Kejahatan dengan modus seperti ini kan bukan sekali dua kali terjadi, harusnya pengemudi mobil sudah paham, ketika ada yang memberitahukan ban kempis, sebaiknya jangan langsung turun, lihat dulu dari kaca spion, atau rasakan saat mengemudi ada yang mengganjal tidak pada ban,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/6/2020)

Sebab, menurutnya momen saat pengemudi berhenti paling ditunggu oleh para pelaku kejahatan. Mereka akan melangsungkan kejahatannya saat pengemudi dalam keadaan lengah.

“Kalau pun memang terpaksa berhenti, cari tempat aman, seperti pom bensin atau parkiran mini market. Jangan berhenti sembarang di pinggir jalan, meskipun keadaan ramai,” kata Jusri.

Jusri melanjutkan, pelaku kejahatan biasanya tidak akan melakukan pencurian secara spontan, mereka pasti sudah memperhatikan gerak-gerik korbannya.

“Sebaiknya pengemudi mobil sudah melakukan tindakan preventif dari awal. Jika membawa barang berharga dalam mobil, pastikan barang tersebut aman dari incaran maling, jangan taruh di jok samping pengemudi,” katanya.

Terakhir, ia mengingatkan pengemudi mobil untuk selalu mengunci pintu mobil saat keluar, karena kondisi itu yang dimanfaatkan oleh maling dengan modus ban kempis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/11/112200315/modus-kejahatan-teriak-ban-kempis-begini-cara-hadapinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke