Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Merawat Alternator pada Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com – Alternator atau dinamo ampere merupakan komponen yang ada di mesin mobil. Fungsinya yaitu sebagai pembangkit listrik pada kendaraan dan menyalurkannya ke komponen elektronis pada mobil.

Jika alternator rusak, suplai listrik ke komponen di kendaraan menjadi terhambat. Selain itu, efek pada kendaraan menjadi susah ketika starter, mesin tidak menyala, dan akhirnya mogok.

Lantas, bagaimana cara merawat alternator?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, alternator mobil tidak perlu ada perawatan sama sekali, baik untuk mobil lama maupun terbaru. Komponen yang harus dicek pada alternator, yaitu tali kipas atau belt saja.

“Paling menjaga belt yang memutar alternator. Bisa dikondisikan tekanannya, jangan terlalu kendur atau terlalu kencang,” kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Mengecek kondisi belt bisa diukur dengan tension scale, sekitar 40 gr/cm2 tergantung tipe mobilnya. Kalau kendur, tali bisa selip dan ada bunyi mencicit, akibatnya menjadi berisik dan arus tidak maksimal.

“Sedangkan kalau terlalu kencang, akan menimbulkan kerusakan pada belt dan bearingnya, serta ada bunyi dengung,” ucap Suparna.

Kencangnya belt biasa disebabkan karena pemasangan yang kurang tepat, tanpa diukur ketegangannya. Sedangkan kalau kendur bisa karena sudah terlalu lama dipakai sehingga materialnya sudah mulai molor.

“Pemakaian suku cadang yang tidak asli juga bisa menyebabkan bahan belt yang mudah molor, sehingga mudah kendur,” kata dia.

Suparna juga menyarankan, untuk merawat alternator bisa dilakukan dengan menghindari melewati genangan air yang terlalu tinggi, karena bisa membuat hubungan arus pendek. Komponen yang biasa rusak pada alternator yaitu brush atau sikatnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/04/102200015/bagaimana-cara-merawat-alternator-pada-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke