Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atasi Penyakit Lampu Mobil Bekas Tabrakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak dari suatu kecelakaan terhadap mobil bermacam-macam, tergantung pada sektor atau bagian yang terlibat. Jika bicara tabrak depan, maka salah satu penyakit yang sering ditemui ialah sorot lampu utama jadi tidak presisi.

Hal ini terjadi karena banyak kemungkinan, bisa karena pengaturan ketinggian lampu yang bergeser akibar remuknya bemper, patahnya dudukan penopang lampu, hingga masalah serius pada sasis mobil.

"Baiknya memang setelah mobil mengalami tabrakan, khususnya pada bagian depan, lakukan pengecekan ke (bengkel) body repair. Jangan langsung ke tempat servis lampu mobil, karena bila sasis tidak lurus lagi akan jadi persoalan panjang nantinya," kata Rico pemilik Shine Auto Light kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika kerusakan hanya bergesernya pengaturan ketinggian lampu dan patahnya dudukan penopang lampu, pengerjaan bisa dilakukan di spesialis lampu mobil terdekat dan terpercaya.

"Beda halnya kalau sasis yang sudah terkena dampak dari tabrakan itu. Karena, kalau dibetulkan dahulu di bagian lampunya belum tentu nanti di body repair bisa disesuaikan lagi. Karena pengaturannya sudah geser semua, kerja berkali-kali jadinya," ucap Rico.

Saat servis lampu terlalu dipaksa supaya kembali presisi di sasis yang sudah tak lurus lagi, cukup berbahaya.

Pasalnya, ini dapat berpengaruh pada kestabilan mobil atau kerusakan yang menyebar ke berbagai komponen lain.

"Repotnya kalau sasis sudah tidak lurus lagi, maka titik cahaya pada lampu mobil tidak akan presisi. Ketika bengkel lampu mobil tidak memeriksa apakah sasis mobil bermasalah setelah tabrakan (asal membenerkan lampu mobil saja), bisa-bisa banyak bagian yang ikut patah. Sebab terjadi tarik-menarik yang dipaksa pada bagian lampu dengan sasis," ujar Huda Pahlevi, pemilik bengkel modifikasi rumahan He.Auto.

"Jadi baiknya langsung larikan ke body repair, dilihat bagian mana yang bermasalah. Jika hanya ringan saja (dudukan penopang lampu patah atau hanya lampu bergeser), bisa dilarikan ke spesialis lampu. Kalau sudah sasis, jangan sembarangan," lanjut dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/27/152100715/atasi-penyakit-lampu-mobil-bekas-tabrakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke