Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSBB Masih Sepekan Lagi, Jangan Lupa Rawat Rantai Motor!

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta masih berlangsung sepekan lagi, sampai 4 Juni 2020. Sambil menunggu waktu tiba, jangan lupa rawat rantai sepeda motor supaya tidak kaku.

Selagi di rumah, tidak ada salahnya dimanfaatkan untuk merawat kendaraan bermotor, salah satunya bagian rantai sepeda motor.

Rantai motor memang hanya ada pada jenis underbone atau bebek, kemudian model sport. Namun komponen ini cukup krusial, karena berfungsi sebagai perantara tenaga dari mesin ke roda, untuk menggerakkan motor. Pasalnya, rantai motor juga bisa kaku jika tidak dirawat.

Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, mengatakan, rantai motor yang kering, jika terlalu lama didiamkan bisa jadi kaku.

“Kalau kondisi rantainya kering, bisa jadi kaku. Kering itu dikarenakan debu, sering kena air, jadi bisa berkarat juga rantainya,” ucap Mamal kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Agar rantai tidak kaku, bisa menggunakan pelumas untuk rantai atau chain lube. Tetapi sebelum pakai chain lube, sebaiknya rantai dibersihkan terlebih dahulu.

“Baiknya bisa dibersihkan dulu rantainya, menggunakan bensin. Setelah bersih dan kering, baru dipakai chain lube nya sambil roda belakangnya diputar,” kata Mamal.

Mamal juga mengatakan, membersihkan rantai cukup dengan bensin saja, tidak perlu dicampur dengan sabun cuci piring. Jika menambah sabun cuci piring, khawatir seal yang ada pada rantai motor jadi melar dan berisik.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/27/123200015/psbb-masih-sepekan-lagi-jangan-lupa-rawat-rantai-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke